Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Dharma Jaya menyalurkan daging kurban sapi yang disediakan melalui Rumah Pemotongan Hewan (RPH) perusahaan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggunakan kemasan wadah besek bambu.

"Untuk penyediaan daging kurban yang ramah lingkungan, kami gunakan wadah besek bambu ini, dan ini cukup praktis karena bisa dibawa dengan mudah dan aman," ujar Direktur Bisnis Perumda Dharma Jaya Irwan Nusyirwan ketika ditemui ANTARA di RPH Perumda Dharma Jaya, Jakarta, Senin.

Ia menyampaikan hal itu berkaitan dengan upaya Perumda Dharma Jaya menyediakan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah dengan kemasan yang ramah lingkungan guna mengurangi produksi sampah yang sulit terurai.

Irwan menjelaskan, pada momentum Idul Adha ini, jumlah sapi yang dipotong di RPH Dharma Jaya sebanyak 80 ekor.

Sebagian besar daging tersebut dikemas dalam ribuan besek bambu yang dipasok dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jakarta.

Pemanfaatan wadah besek bambu akan bertambah karena Perumda Dharma Jaya menargetkan jumlah sapi kurban yang akan dipotong selama dua hari ke depan sebanyak 160 ekor sehingga total menjadi 240 ekor.

"Jadi selain untuk menjaga lingkungan, penggunaan wadah dari anyaman bambu ini juga memberikan nilai tambah secara ekonomi bagi pelaku UMKM," ujarnya.

Irwan mengatakan, daging kurban yang disediakan dalam perusahaan tersebut sesuai dengan pesanan dari berbagai pihak seperti instansi pemerintah, BUMD, BUMN, swasta, maupun warga secara individual.

Daging kurban tersebut, ia melanjutkan, disalurkan langsung ke masyarakat di berbagai wilayah di Jakarta sesuai dengan keinginan pihak yang berkurban.

Ia menambahkan, penyediaan daging hewan kurban juga dilakukan sesuai prosedur seperti melalui karantina dan pemeriksaan kesehatan, pembersihan, dan pengemasan secara baik agar aman dan layak dikonsumsi masyarakat.

Baca juga: Dharma Jaya rekrut puluhan warga bantu sediakan daging hewan kurban

Baca juga: Perumda Dharma Jaya potong 80 ekor sapi kurban saat Idul Adha

Baca juga: PAM Jaya gandeng Perumda Dharma Jaya untuk pengadaan hewan kurban


 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2024