Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan momentum Idul Adha 2024 hendaknya tidak hanya dipandang hanya sebagai perayaan tapi menjadi saat meningkatkan kepedulian nilai-nilai sosial.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa, Menaker Ida menyampaikan Idul Adha dapat menjadi pendorong bagi semua kalangan untuk merawat nilai-nilai persaudaraan dan saling berbagi.

"Mari kita tingkatkan kepedulian nilai-nilai sosial dan semangat berbagi dengan sesama. Kurban bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga bentuk nyata dari rasa empati dan simbol solidaritas kita terhadap mereka yang membutuhkan," kata Menaker Ida Fauziyah usai menyaksikan penyembelihan delapan ekor sapi dan dua ekor kambing di kantor Kemnaker Jakarta pada hari ini.

Ida Fauziyah menambahkan ibadah kurban mengandung pesan agar umat manusia terus mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca juga: Cegah pencemaran limbah hewan kurban, Pemkab Cianjur turunkan tim

Baca juga: DPKP Tangerang temukan delapan kasus cacing hati pada hewan kurban


Dia berpendapat ada teladan yang dapat dipetik dari ketulusan Nabi Ibrahim AS, kesabaran Nabi Ismail AS dan pengorbanan luar biasa dari Sarah dan Siti Hajar. Kepatuhan Nabi Ibrahim AS yang bersedia mengorbankan putranya Nabi Ismail AS sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah SWT.

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan pada pagi ini, kita mampu meneladaninya. Seperak dua perak, tak ada artinya dibandingkan seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Tapi hikmah dibalik itu adalah keinginan kita untuk mendekatkan kita kepada Allah SWT," ujar Ida.

Dalam kesempatan itu, Menaker Ida juga mengapresiasi pegawai dari 29 Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Kemnaker yang telah mengorbankan sebagian dari dana pribadinya untuk peringatan Idul Adha pada tahun ini.

Saat Idul Adha 2024, Kemnaker berhasil menghimpun 44 hewan kurban di UPTP Kemnaker dan 15 ekor sapi di kantor pusat sehingga total dikurbankan 59 ekor sapi ditambah delapan ekor kambing. Sebanyak delapan ekor sapi disembelih di Kantor Kemnaker dan sisanya didistribusikan kepada masyarakat di Jakarta dan wilayah sekitarnya.*

Baca juga: KAI Palembang distribusikan 23 ekor hewan kurban saat Idul Adha

Baca juga: Telkomsel melibatkan peternak dan UMKM lokal distribusi hewan kurban


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024