Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang ekonomi terjadi pada Selasa (25/6), mulai dari Kemenkeu: Semua visi-misi presiden terpilih masuk di RAPBN 2025, hingga Mendag ikhtiarkan poin perundingan IEU CEPA rampung pada Juli 2024.

Berikut sajian berita bidang ekonomi yang dirangkum LKBN ANTARA:

Kemenkeu: Semua visi-misi presiden terpilih masuk di RAPBN 2025

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Nathan Kacaribu menyampaikan bahwa seluruh visi dan misi presiden terpilih Prabowo Subianto masuk ke dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2025 sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Arahan Pak Jokowi jelas, masukkan semua visi-misi presiden terpilih ke dalam APBN 2025. Ini yang kita kerjakan. Kita kerjakan bersama antara pemerintah dengan DPR,” kata Febrio dalam diskusi bersama Institute For Development of Economics and Finance (indef) di Jakarta, Selasa (25/6).

Selengkapnya baca di sini.


Pemerintah serap dana Rp23 triliun dari lelang tujuh seri SUN

Pemerintah menyerap dana senilai Rp23 triliun dari lelang tujuh seri Surat Utang Negara (SUN) pada 25 Juni 2024.

Dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (25/6), Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan total penawaran masuk pada lelang kali ini mencapai Rp56,39 triliun.

Selengkapnya baca di sini.


Menteri PUPR targetkan pembangunan Memorial Park IKN tuntas 16 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan Memorial Park Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur selesai pada 16 Agustus 2024.

Basuki menargetkan pembangunan Memorial Park selesai pada 16 Agustus 2024 atau satu hari sebelum perayaan upacara HUT Ke-79 Republik Indonesia yang diselenggarakan secara hybrid di IKN dan Jakarta.

Selengkapnya baca di sini.


OJK: Target pertumbuhan kredit 9-11 persen dapat tercapai

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae mengatakan, pihaknya menyakini target pertumbuhan kredit 2024 sebesar 9-11 persen dapat tercapai didukung dengan fungsi intermediasi perbankan yang berjalan baik.

"Target pertumbuhan kredit yang ditetapkan OJK pada awal tahun pada rentang 9-11 persen kami pandang masih sesuai dengan proyeksi dan target RBB (rencana bisnis bank) yang disampaikan oleh bank serta sejalan dengan fungsi intermediasi perbankan yang berjalan baik sejauh ini," kata Dian di Jakarta, Selasa (25/6).

Selengkapnya baca di sini.


Mendag ikhtiarkan poin perundingan IEU CEPA rampung pada Juli 2024

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengikhtiarkan penyusunan poin Perundingan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Uni Eropa (Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement/IEU CEPA) rampung pada Juli 2024.

Zulkifli yang dijumpai usai menghadiri rapat internal pembahasan IEU CEPA di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (25/6), menyebutkan saat ini progres penyusunan poin IEU CEPA telah mencapai 90 persen, sementara sisanya akan diselesaikan melalui pembahasan pada 1-5 Juli 2024 di Bogor, Jawa Barat.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024