Surabaya (ANTARA) - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyiapkan beasiswa pendidikan Starta (S) 2, S3 hingga menjadi dosen bagi mahasiswanya yang berprestasi di tingkat internasional, salah satunya dalam ajang ASEAN University Games (AUG) ke-21 2024.
 
 
"Dari total atlet Indonesia keseluruhan 392, 100 orang lebih adalah mahasiswa Unesa. Kami siapkan lulus tanpa skripsi, beasiswa S2 dan S3 termasuk yang bawa obor api AUG Rachmat Irianto, juga kami beri beasiswa S2 hingga S3," ucap Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan dalam keterangannya di Surabaya, Rabu.
 
Bahkan, pesepak bola yang saat ini bermain di klub Persib Bandung tersebut, juga diberikan bangku untuk mengajar sebagai dosen di Unesa.
 
"Kami siapkan juga kursi untuk jadi dosen di Unesa ini," katanya.
 
Prof Nurhasan menjelaskan, bahwa Unesa memang universitas yang keunggulannya di bidang olahraga paling banyak, oleh karena itu segala persiapannya sudah dimatangkan.
 
"Unesa memang unggulannya olahraga sehingga ketika ada even-even seperti Asean University Games ini dan sebagainya selalu terbanyak, jadi kami siapkan betul atlet untuk memperkuat Asean University Games ini sehingga harapannya Indonesia bisa menjadi juara umum," ujarnya.


Baca juga: Indonesia optimistis juara umum AUG 2024
 
Komitmen untuk selalu memberikan terbaik bagi mahasiswa berprestasi itulah yang pihaknya selalu pegang untuk menjalin kerja sama dengan para pemangku kepentingan.
 
"Jadi upaya-upaya itu juga kami dorong terus untuk perguruan tinggi lainnya agar memperhatikan atlet-atlet yang berprestasi Baik itu terkait dengan proses pembelajarannya yang dikemas atau diformulakan secara khusus," tuturnya.
 
Sehingga, lanjutnya, para atlet tersebut bisa sukses dalam prestasi olahraganya dan akademis karena hal itu penting bagi para mahasiswa yang juga seorang atlet.
 
"Karena kami di Unesa ini sebagai percontohan, jadi formulanya sudah kami berikan kepada para rektor dan saat ini mereka sudah membuat formula-formula itu," ujar Prof Nurhasan.

Baca juga: Sekjen: Kemendikbudristek punya tugas dalam desain olahraga nasional

Baca juga: Pesepak bola Rachmat Irianto didapuk jadi pembawa obor api AUG 2024

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024