Tangerang (ANTARA) - Perusahaan swasta nasional PT Whitesky Aviation akan menyelesaikan pembangunan showroom helikopter di Cengkareng Heliport (CHP), Tangerang, Banten, tahun 2025 dengan tujuan untuk menjual armada dan kelengkapan alat angkut udara agar memudahkan para pelanggannya.

"Sesuai rencana Januari tahun 2025, kami sudah launching, jadi pada pagelaran Hexia 2025 itu sudah akan ada showroom helikopter," kata CEO and Founder Whitesky Group Denon Prawiraatmadja, di Tangerang, Rabu.

Ia mengatakan, dalam rancangan pembangunan showroom helikopter ini bekerjasama dengan swasta asing Rotortrade sebagai meliputi kebutuhan industri helikopter dalam negeri.

Karena selama ini, katanya lagi, untuk memiliki helikopter baru membutuh waktu, dan sembari menunggu para pelanggan bisa membeli helikopter second yang dapat digunakan untuk kepentingan bisnisnya.

Untuk itu pihaknya menyiapkan alternatif pilihan bagi para pelanggan yang ingin memiliki helikopter sendiri, yakni dengan menghadirkan showroom resmi.

"Nanti di dalam (showroom) ini akan kami tawarkan beberapa jenis helikopter, seperti pabrikan Leornardo, Bell, dan Airbus. Sehingga masyarakat yang ingin memiliki helikopter bisa langsung tanpa harus ke luar negeri," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa kehadiran showroom ini nantinya bisa digunakan sebagai tempat untuk custom dari helikopter itu sendiri, seperti pengubahan warna atau cat dan lain sebagainya.

"Sebagai upaya menuju layanan tersebut, pihaknya melakukan kerja sama dengan Bell untuk mempromosikan fasilitas showroom tersebut," kata dia pula.

Sejumlah pabrikan dan produsen helikopter terkemuka meramaikan kegiatan pameran Heli Expo Asia (Hexia) 2024 yang diselenggarakan di Cengkareng Heliport, Tangerang, Banten.

Pameran angkutan udara terbesar di Asia Tenggara ini menyajikan sejumlah jenis helikopter dan teknologi dan pengetahuan penerbangan di Indonesia bagi para pengunjungnya.

Dalam Hexia tahun ini mendatangkan sekitar 30 exhibitor. Di antaranya berasal dari Singapura (Bruhat Project Logistics), Malaysia (Hammock Helicopter & Hammock Robotics), Dubai, UEA (Deinon Insurance Brokers LLC), Australia (Helitak Fire Fighting Equipment Pty Ltd, United Aero Helicopter), dan Amerika Serikat (Southern Cross Aviation, Hillsboro Aero Academy).

Pada pameran Heli Expo Asia, dihadiri oleh pejabat asosiasi helikopter Australia (AHIA-Australian Helicopter Industry Association) akan membahas kemajuan Industri helikopter mutakhir dan Sustainable Aviation Fuel (SAF) serta meningkatkan kerja sama antarnegara Indonesia dan Australia.

Selain itu, kata Iskandar, badan dan lembaga dari dalam negeri yang terlibat, di antaranya Kementerian Perhubungan, TNI Angkatan Udara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Basarnas, INACA, Kadin, AirNav, Angkasa Pura II, dan lembaga-lembaga lainnya.
Baca juga: Pameran helikopter, Hexia 2024, akan dihadiri lebih 21 ribu pengujung
Baca juga: Pabrikan dan produsen helikopter ramaikan pameran Hexia 2024

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024