Ternate (ANTARA) - Kepolisian Daerah Maluku Utara menggelar bakti sosial membantu korban erupsi Gunung Ibu dengan mengadakan kegiatan bakti sosial trauma healing bagi anak-anak yang terdampak erupsi.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP Bambang Suharyono di Ternate, Rabu mengatakan bahwa dukungan motivasi kepada anak-anak di lokasi pengungsian sangat penting untuk membantu mereka pulih dari trauma pasca-erupsi.

"Kita ingin anak-anak ini bisa kembali ceria dan semangat setelah mengalami peristiwa yang sulit," ujarnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan psikologis dan semangat baru bagi anak-anak yang berada di lokasi pengungsian.

Menurut dia, kegiatan trauma healing ini dilaksanakan di Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar). Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Malut, Kombes Pol Asri Effendy beserta tim dari Kampung Dongeng Indonesia.

Lebih lanjut, Bambang Suharyono menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam menyambut hari Bhayangkara ke-78.

"Ini adalah bentuk nyata kepedulian kita terhadap masyarakat, terutama anak-anak yang menjadi korban bencana," ucapnya.

Selain memberikan dukungan moral, Dir Reskrimum Polda Malut juga memberikan bantuan paket sembako kepada anak-anak yang didampingi oleh para orang tua mereka.

Terakhir, kegiatan ini diharapkan dapat meringankan beban para korban serta dapat memberikan kontribusi positif dalam proses pemulihan dan meningkatkan semangat kebersamaan di tengah masyarakat.

Sebelumnya, Polda Malut menyalurkan paket bantuan sosial bagi warga yang tinggal di pos pengungsian akibat terdampak bencana erupsi Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat.

"Kami menyalurkan bansos sebanyak 10ribu paket bentuk sembilan bahan pokok (sembako) kepada kaum disabilitas, anak yakin piatu yang tinggal di pantai asuhan, serta termasuk warga yang terdampak bencana erupsi gunung berapi di Kabupaten Halmahera Barat," katanya.

Bantuan sosial yang disalurkan dari Polda Malut dalam rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 78 tahun 2024 ini

Bambang mengatakan, penyaluran bansos dilakukan secara serentak di seluruh di Indonesia yang dipimpin langsung Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

"Untuk Polda Malut sendiri disiapkan sebanyak 10ribu paket dan disalurkan ke berbagai elemen masyarakat, termasuk bagi warga di Pos Pengungsian Erupsi Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat," ujar Kabid Humas.
Baca juga: Balai Pemantauan Gunung Api sosialisasi mitigasi bencana di Malut
Baca juga: Polda salurkan paket bansos bagi warga di pos pengungsi Gunung Ibu 
Baca juga: Danrem salurkan bansos untuk pengungsi korban erupsi Gunung Ibu

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2024