Jakarta (ANTARA) -
Cabang olahraga judo jadi penyumbang medali pertama untuk Indonesia dalam ASEAN University Games (AUG) 2024 yang diselenggarakan di Kota Surabaya dan Malang, Jawa Timur, Rabu.
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu, judo mendapatkan tiga medali emas, satu perak, dan satu perunggu dari sejumlah nomor yang dipertandingkan.
 
Pejudo Tommy Darmawan berhasil mencatatkan namanya sebagai peraih medali perdana untuk Merah Putih setelah menang atas Bryan Tze Haeng Lee (Singapura) di kelas -60kg putra.
 
"Medali emas ini saya persembahkan untuk Indonesia dan diri saya sendiri, agar ke depannya saya bisa memberikan prestasi lebih tinggi lagi untuk Merah Putih di kancah internasional," kata Tommy.
 
Ia tampil dominan saat menghadapi Bryan dan mengaku mendapat suntikan kepercayaan diri lebih di AUG 2024, khususnya setelah turun di Southeast Asia Judo Championships 2024 Bali, beberapa waktu sebelumnya.
 
Dalam turnamen itu, Tommy mengaku tidak pernah menganggap lemah lawannya yang berasal dari Malaysia dan Singapura. Atlet skuad pemusatan latihan nasional (pelatnas) judo Indonesia itu hanya mencoba tampil lebih lepas dan fokus kepada diri sendiri.
 
Peraih emas kedua, Bustomy Abdillah, berharap prestasi yang diberikannya di AUG dapat membuka jalan baginya untuk masuk skuad pelatnas.
 
Ia merebut emas setelah melewati laga ketat kontra Yuji Zhou asal Singapura, pada pertandingan final kelas -66kg putra. Sedangkan perunggu, didapat Winner Felix Panggabean yang menang atas Muhammad Hakimi Halidon (Malaysia) pada perebutan posisi ketiga.

Baca juga: Indonesia optimistis juara umum AUG 2024
 
"Saya punya cita-cita bisa tampil di event yang lebih besar, tetapi saya ingin menjalani target tersebut satu per satu, sehingga target utama saya saat ini ingin masuk pelatnas judo," kata Bustomy.
 
Selain keduanya, emas ketiga untuk Merah Putih turut disumbang oleh Meli Martha Rosita yang menang atas Vandoeun Keo asal Kamboja.
 
Medali itu menambah daftar pencapaian prestasi Rosita yang pernah dua kali membela Indonesia di SEA Games, yakni edisi Vietnam 2021 dan Kamboja 2023.
 
"Meskipun AUG levelnya multievent untuk mahasiswa, tetapi lawan-lawannya kuat. Saya pernah ketemu atlet judo Kamboja di SEA Games, tetapi baru melawan Vandoeun di AUG ini dan ia merupakan lawan yang kuat, sehingga rivalitas di AUG juga kompetitif," ujar dia.
 
Untuk medali terakhir, yaitu perak diraih oleh Maryam March Maharani yang turun di kelas 52kg putri. Ia mendapatkan medali tersebut usai menang atas Shu Wen Yeo asal Singapura.

Baca juga: Menpora nilai penyelenggaraan AUG 2024 tumbuhkan rasa saling hormat
Baca juga: Pesepak bola Rachmat Irianto didapuk jadi pembawa obor api AUG 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024