Surabaya (ANTARA) - Pelatih cabang olahraga futsal Indonesia Deni Setia Budi menilai pertahanan dan penyerangan masih menjadi evaluasi timnya meskipun menang dengan skor 6-1 saat melawan Myanmar dalam laga penyisihan Grup A ASEAN University Games (AUG) ke-21 2024 di Unesa Indoor Stadium.

"Mungkin yang pasti defense kami ya, taktikal, sama offensive, kita di babak kedua hanya mendapatkan satu gol. Mungkin jadi evaluasi kami, tim staff, untuk mengevaluasi masalah offensive," ucapnya saat ditemui wartawan setelah laga perdana futsal AUG 2024 di Unesa Indoor Stadium, Rabu.

Pada laga kedua, lanjutnya, meskipun lawannya ialah Malaysia, dia yakin anak asuhnya akan tetap berjuang keras untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

"Di pertandingan pertama kami ini, teman-teman sudah fight untuk Indonesia. Target kami sama saja, siapapun lawannya ingin merebut tiga poin," katanya.

Pihaknya juga telah mempelajari cara bermain Malaysia melalui video-video yang telah dikumpulkan oleh tim pelatih.

"Kami sudah mengikut videonya lewat Youtube juga kami sudah pelajari bersama para staf pelatih, seperti bagaimana defense dan offensive Malaysia," tuturnya.

Baca juga: Judo sumbang medali pertama untuk Indonesia di AUG 2024

Selain itu, kata dia, sudah mewanti-wanti pemainnya bahwa Malaysia juga punya serangan balik yang cukup baik.

"Antisipasinya itu, makanya offensive kami jangan sampai gagal dan juga antisipasi dari transisinya saat bertahan ke menyerang," ujar Deni.

Hasil dari laga perdana melawan Myanmar, gol kontingen Indonesia dicetak oleh Brandyca Piola pada menit ke-2, Guntur Sulistyo Ariwibowo menit ke-6, 19 dan 39, Muh Agung Pandega menit ke-15 dan Fajar Aidil Adha menit ke-19.

Sedangkan satu-satunya gol dari Myanmar dicetak oleh Zaw Lin Htet pada menit ke-28.

Kemenangan ini membuat Indonesia untuk sementara memuncaki klasemen Grup A. Anak asuh Deni Setia Budi itu dijadwalkan berhadapan dengan Malaysia di Unesa Indoor Stadium pada Kamis 27 Juni 2024, pukul 14.00 WIB.

Sementara itu, Thailand yang menjadi tim unggulan di Grup B, berhasil menang besar 9-0 ketika berhadapan dengan Brunei Darussalam di GOR Futsal Unesa pada Rabu siang. Wakil Negeri Gajah Putih itu dijadwalkan berjumpa Timor Leste pada Kamis siang.

Baca juga: Indonesia optimistis juara umum AUG 2024

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024