Ponorogo, Jatim (ANTARA) - Seorang hajjah (haji perempuan) asal Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, dilaporkan meninggal dunia di Jeddah, Arab Saudi, sesaat menjelang kepulangan ke Tanah Air.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ponorogo, Nurul Huda, Rabu, mengonfirmasi haji kedua asal Ponorogo yang meninggal di Arab Saudi itu atas nama Istingah Marsim Singkar (73).

Warga Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Kauman, Kecamatan Ponorogo, tersebut meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSU An Noor kota Jeddah.

"Almarhumah meninggal saat menjalani persiapan untuk pulang ke Tanah Air pada Rabu (26/6) petang," katanya. Istingah tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 19.

Baca juga: Seorang haji asal Rokan Hilir Riau meninggal di Makkah

Baca juga: Satu orang haji asal Kota Balikpapan wafat dimakamkan di Makkah


Nurul Huda mengatakan, almarhum sebelumnya sempat mengalami sesak nafas serta kondisi gula darah yang naik tiba-tiba saat persiapan pulang ke Tanah Air.

"Sudah sempat mendapatkan perawatan di pemondokan, lalu di bawa ke RS karena kondisinya drop, tapi Allah SWT berkehendak lain, Almarhum dinyatakan meninggal dunia," kata Huda.

Ia menambahkan, almarhumah berangkat haji ditemani oleh anaknya.

Setelah dinyatakan meninggal dunia, pihak keluarga langsung memberikan kabar keluarga di tanah air.

Selanjutnya, jenazah almarhumah akan dimakamkan di tanah suci.

"Untuk sang anak, tetap melanjutkan kepulangan ke tanah air, sedangkan pengurusan jenazah diserahkan petugas yang berada di sana," katanya.*

Baca juga: Satu lagi haji Trenggalek meninggal setelah thowaf di Tanah Suci

Baca juga: PPIH: Haji Aceh yang meninggal di Tanah Suci jadi sembilan orang

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024