Ambon (ANTARA) - Universitas Pattimura (Unpatti) bersama Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan kerja sama meningkatkan program pengabdian masyarakat pada masing-masing perguruan tinggi.

“Tim Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan kunjungan ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pattimura,” kata Ketua LPPM Unpatti, Melianus Salakory dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Kamis.

Kunjungan tersebut menghasilkan sebuah kesepakatan kerja sama dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk menjalin kolaborasi bersama khususnya dalam Program KKN Kebangsaan yang akan dilaksanakan pada Juli hingga Agustus 2024.

“Kami siap menjadi tuan rumah KKN Kebangsaan ke-XII tahun 2024. Tim Belmawa telah mengunjungi lokasi untuk verifikasi, kini tinggal menunggu persetujuan dari pimpinan perguruan tingi terkait,” ujar Salakory.

Baca juga: WJC-Kodam Pattimura edukasi mahasiswa tentang konservasi satwa liar

Baca juga: Unpatti terima studi banding Unibraw tentang pengelolaan jurnal ilmiah


Dia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan jalinan kerja sama dengan PPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk meningkatkan pengabdian masyarakat di Maluku.

Senada dengan hal itu, Kepala PPM UIN Syarif Hidayatullah Ade Rina Farida menyampaikan bahwa inisiasi kerja sama ini dilakukan untuk memperkuat sinergi secara maksimal melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Dia menambahkan, poin utama dalam pelaksanaan inisiasi kerja sama ke Maluku adalah untuk menjelajah wilayah Maluku yang terdiri dari beribu pulau. Sehingga nantinya mahasiswa dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dapat berkolaborasi untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat di Maluku.

Ade menyatakan, PPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki lima jenis program KKN yang telah berjalan seperti KKN Reguler, KKN Tematik, KKN Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek, KKN Moderasi Beragama yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, KKN Internasional dan KKN di dalam unit kampus.

Menurutnya, ada empat perguruan tinggi di Maluku yang dilakukan kerja sama diantaranya Universitas Pattimura (Unpatti), Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon dan Universitas Muhammadiyah Maluku (UNIMA).

Inisiasi kerja sama dengan beberapa kampus di Maluku ini untuk memberikan peluang dan kesempatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk berkolaborasi dalam melakukan pengabdian masyarakat dengan kampus di Maluku, ujarnya.*

Baca juga: FMIPA Unpatti kembangkan situs jurnal bertaraf internasional

Baca juga: Mahasiswa FK Unpatti jadi delegasi pada AMSC di Jepang


Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024