Palembang (ANTARA) -
PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) selaku anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) membina warga untuk memproduksi madu yang hasilnya bisa dimanfaatkan untuk diperjual belikan.
 
Senior Manager of Corporate Social Responsibility SMBR Gili Aprial Braja di Baturaja, Minggu, mengatakan bahwa pembinaan produksi madu untuk warga tersebut sudah menghasilkan sebanyak 250 ml pada awal Juni 2024.
 
"Melalui Madu yang diproduksi ini dapat dijual dan diberi label oleh masyarakat itu sendiri, yang pada akhirnya memberikan peluang nilai ekonomi bagi warga," katanya.
 
Ia menambahkan, melalui program pemberdayaan masyarakat, tersebut Semen Baturaja meraih penghargaan Bisnis Indonesia Social Responsibility Awards (BISRA) 2024 di Jakarta pada Kamis 27 Juni 2024.

Baca juga: Semen Baturaja raih penghargaan TOP CSR Awards 2024
Menurutnya SMBR terus mengembangkan strategi bisnis berkelanjutan yang memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) salah satunya pilar ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat.
 
Melalui program SMBR Economic and Education Beefarm berhasil menjalankan pilar ekonomi, salah satu desa yang menjadi binaan CSR, SMBR bekerja sama dengan kelompok tani dan BUMDes maju mandiri budidaya untuk mengelola budidaya lebah trigona serta mengembangkan bisnis madu.
 
Dengan memanfaatkan lahan kosong masyarakat menjadi program bermanfaat, masyarakat desa diajak untuk berpartisipasi aktif, dan diberikan edukasi, pelatihan dalam mengelola untuk menghasilkan produksi madu yang berkualitas.
 
Sementara itu, Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group Hariyadi Sukamdani mengatakan penyelenggaraan BISRA 2024 tidak semata-mata memberikan apresiasi terhadap perusahaan dalam menyelenggarakan tanggung jawab sosial.

Baca juga: Semen Baturaja salurkan Rp3,9 miliar untuk kegiatan sosial selama 2023
“Model penyelenggaraan BISRA 2024 didesain sedemikian rupa sehingga dapat menjadi barometer kualitas atas pelaksanaan program-program CSR, sekaligus tolok ukur tentang sejauh mana dan seberapa luas manfaatnya bagi masyarakat dan kehidupan,” ujarnya.
 
 
 
 
 

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2024