Jakarta (ANTARA) - Anak usaha PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (Taspen), PT Taspen Properti Indonesia, berkolaborasi dengan Mitsubishi Estate Co Ltd, dalam membangun Oasis Central Sudirman sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan investasi asing.

“Proyek ini adalah kolaborasi strategis antara Indonesia dan Jepang, khususnya antara Taspen dan Mitsubishi Estate Co Ltd. Mitsubishi adalah pengembang global yang terkenal, sehingga kerja sama ini menunjukkan adanya aliran modal asing ke Indonesia,” kata Direktur Perencanaan dan Aktuaria Taspen Feb Sumandar di Jakarta, Senin.

Dalam acara penandatanganan nota kerja sama Oasis Central Sudirman Project Main Contractor Signing, ia menyampaikan bahwa proyek tersebut juga diharapkan untuk dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja, baik saat proses pembangunan masih berlangsung maupun ketika sudah selesai.

Ia menuturkan bahwa akan dikembangkan dua tower pada proyek yang berlokasi di salah satu pusat perkantoran di Jakarta tersebut, yang salah satunya direncanakan menjadi area komersial yang akan digunakan sebagai kantor, hotel dan kawasan lifestyle retail.

“Pengembangan kawasan Oasis Central Sudirman tidak hanya terbatas pada sektor properti. Pemanfaatan kawasan tersebut juga akan diperluas ke sektor ritel serta makanan dan minuman yang penting bagi program pemulihan ekonomi nasional,” ucap Feb.

Baca juga: Taspen-Uncen berupaya tingkatkan serapan talenta asal timur Indonesia

Baca juga: Komisaris Utama Taspen sebut Erick Thohir buat BUMN tumbuh pesat


Sementara itu, ia menyatakan bahwa tower lainnya akan dikembangkan menjadi komplek residensial berupa apartemen.

Pendirian area komersial dan apartemen tersebut, menurutnya, akan mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan lebih banyak lagi kawasan berkonsep transit-oriented development (TOD).

Terdapat berbagai akses transportasi umum di sekitar kawasan tersebut, termasuk akses terhadap MRT (Stasiun MRT Dukuh Atas BNI), LRT (Stasiun LRT Dukuh Atas), KRL (Stasiun Sudirman dan Stasiun Sudirman Baru BNI City), kereta bandara (Stasiun Sudirman Baru BNI City), serta Transjakarta (Halte Transjakarta Dukuh Atas).

Pembangunan Oasis Central Sudirman tersebut sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir bahwa pembangunan properti merupakan salah satu fondasi pertumbuhan ekonomi, terutama properti yang mendukung konsep Green and Sustainable Building.

“Semoga proyek ini dapat menciptakan efek berganda (multiplier effect) untuk perekonomian nasional,” ujar Feb.

Baca juga: Taspen: Pembayaran gaji ke-13 pensiunan di Sumsel capai Rp205 miliar

Baca juga: Taspen raih tiga penghargaan di Digital Technology & Innovation Award


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024