Jakarta (ANTARA) - Blibli mengungkapkan fitur Click & Collect memiliki dampak positif terhadap peningkatan transaksi di platform belanja daring tersebut.

Fitur Click & Collect yang dihadirkan Blibli mengakomodasi kebiasaan belanja omnichannel dengan memadukan pengalaman belanja daring dan luring. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memesan produk melalui aplikasi Blibli dan mengambil pesanan sendiri langsung ke gerai.

"Secara kontribusi masih belum besar tapi dari 2021, 2022, 2023, dan sekarang 2024 itu setiap tahun kami tumbuh dua kali jumlah transaksi yang menggunakan Click & Collect," kata Head of Value Added Services Blibli David Michum dalam diskusi media yang digelar di Jakarta Pusat pada Selasa.

Baca juga: Blibli catat kenaikan tren belanja jelang libur sekolah

David menjelaskan, salah satu mitra Blibli yang telah menyediakan fitur belanja Click & Collect adalah Ranch Market.

Sebelum Ranch Market menerapkan fitur Click & Collect, jaringan toko swalayan tersebut memanfaatkan platform komunikasi WhatsApp dalam bertransaksi dengan konsumennya terlebih ketika masa pandemi COVID-19 di mana masyarakat tidak bisa leluasa berbelanja secara langsung ke gerai Ranch Market.

"Pada saat bergabungnya Ranch Market dengan Blibli kebetulan pas belum pandemi, jadi mereka tuh udah jalan. Orang gak ada yang datang ke toko karena pandemi jadi mereka menggunakan WhatsApp untuk order," ujar David.

Baca juga: Blibli jual 1.000 unit Yamaha NMAX Turbo hanya dalam 40 menit

Menurut David, fitur Click & Collect bisa membantu Ranch Market untuk menjangkau lebih banyak konsumen, termasuk mereka yang selalu berbelanja kebutuhan sehari-hari di gerai swalayan tersebut.

"Sekarang mereka udah punya platformnya di Blibli udah pilih produknya, udah tau harganya, udah terjamin stok availability-nya (ketersediaannya) dan mereka bisa memilih mau diantar ke rumah atau mau ngambil di toko," ujar David. 

Baca juga: Blibli dan EcoTouch hasilkan kain baru dari limbah fesyen

Baca juga: Hari Bumi 2024, Blibli gandeng EcoTouch kelola limbah fashion

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024