Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menyampaikan bahwa terjadi peningkatan jumlah penumpang berangkat dari Jakarta pada masa liburan sekolah 28 Juni hingga 15 Juli 2024.

“Selama masa libur sekolah periode 28 Juni hingga 15 Juli 2024, berdasarkan data saat ini, sebanyak 335 ribu lebih tiket telah dipesan,” kata Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko, di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa dari jumlah tersebut, sebanyak 160 ribu penumpang dijadwalkan berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 97.500 penumpang dari Stasiun Gambir, dan sisanya dari berbagai stasiun lainnya di wilayah KAI Daop 1 Jakarta.

Hingga Selasa, pihaknya mencatat bahwa realisasi keberangkatan penumpang dari stasiun-stasiun di wilayah KAI Daop 1 Jakarta mencapai 165.573 penumpang, dengan rata-rata operasional kereta api jarak jauh sebanyak 62 perjalanan per hari.

“Volume penumpang tertinggi terjadi pada Jumat (28/6) lalu, lebih dari 36 ribu penumpang berangkat dari Jakarta,” ujar Ixfan.
Baca juga: 38.272 orang gunakan KA dari stasiun Daop 8 saat libur Waisak

Sementara itu, pada hari Selasa ini, jumlah penumpang berangkat dari Jakarta mencapai 13.500 penumpang dari Stasiun Pasar Senen, 8.500 penumpang dari Stasiun Gambir, serta 6 ribu penumpang dari berbagai stasiun lainnya, seperti Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Cikampek, Karawang, dan Jakarta Kota.

Pihaknya mencatat bahwa tujuan favorit penumpang, yaitu Surabaya, Malang, Yogyakarta, Solo, Purwokerto, Tegal, Semarang, dan Bandung.

Ixfan mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan terhadap penumpang di stasiun maupun di atas kereta.

Ia pun menyampaikan terima kasih atas kesediaan masyarakat dan kesetiaan pelanggan KAI untuk menggunakan kereta api sebagai pilihan moda transportasi utama.

“KAI Daop 1 Jakarta mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan pelanggan kereta api atas kepercayaannya selalu menggunakan kereta api sebagai pilihan utama saat bepergian,” ujarnya pula.
Baca juga: Daop 8: Tingkat kepercayaan masyarakat gunakan KA masih tinggi
Baca juga: 25.815 penumpang KA berangkat dari Stasiun Malang saat libur sekolah



Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024