Jakarta (ANTARA) - Kosta Rika berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Paraguay dalam pertandingan terakhir Grup D Copa América 2024 yang digelar di Q2 Stadium Austin Texas, Rabu WIB, namun hasil tersebut tidak cukup untuk membawa mereka ke perempat final setelah finis di posisi ketiga dengan empat poin.

Kosta Rika harus pulang dengan mengumpulkan empat poin di peringkat tiga grup lewat catatan satu menang, satu imbang, dan satu kalah. Sementara Paraguay tersingkir setelah tidak pernah memetik kemenangan dalam kompetisi.

Sebenarnya, Kosta Rika memulai pertandingan dengan masih memiliki peluang untuk lolos babak delapan besar meskipun dengan beberapa syarat. Mereka harus menang dan memiliki selisih gol yang besar, di samping berharap Brasil kalah di pertandingan terakhirnya.

Namun Kolombia dan Brasil berbagi poin dengan bermain imbang 1-1. Kolombia menjadi juara grup dengan tujuh poin, dan Brasil juga lolos fase gugur dengan menempati posisi kedua grup lewat torehan lima poin. Hasil ini memastikan perjalanan Kosta Rika di Copa America 2024 berakhir lebih awal.

Baca juga: Kolombia-Brasil berbagi poin untuk lolos ke delapan besar
Baca juga: Kolombia melaju ke perempat final setelah hajar Kosta Rika 3-0

Kosta Rika yang membutuhkan kemenangan serta selisih gol yang besar untuk bisa lolos memulai pertandingan dengan cepat. Kapten Francisco Calvo dan Josimar Alcocer masing-masing mencetak gol dalam tujuh menit pertama pertandingan, membawa Kosta Rika unggul 2-0.

Calvo mencetak gol pembuka dengan sundulan pada menit ketiga, sementara pemain Kosta Rika yang masih berusia 19 tahun, Alcocer, melewati beberapa pemain sebelum melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang tidak bisa dijangkau kiper Paraguay.

Namun, harapan Kosta Rika untuk lolos semakin menipis 10 menit setelah babak kedua dimulai ketika Mathias Villasanti menggiring bola ke dalam kotak penalti dan memberikan umpan kepada Ramon Sosa. Sosa kemudian melepaskan tembakan keras ke sudut atas gawang, mencetak gol pertamanya untuk Paraguay.

Kosta Rika hampir kebobolan lagi dari situasi tendangan sudut di waktu tambahan, namun kiper Patrick Sequeira melakukan penyelamatan dengan ujung jari untuk menggagalkan peluang Paraguay menyamakan kedudukan.

Dengan hasil ini, Kosta Rika harus menerima kenyataan pahit tersingkir dari turnamen, sementara Kolombia dan Brasil melanjutkan perjalanan mereka ke babak perempat final.

Baca juga: Brasil jaga asa lolos ke perempat final setelah hajar Paraguay 4-1
Baca juga: James Rodriguez bawa Kolombia ungguli Paraguay di Copa America

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024