Jakarta (ANTARA) - Bagaimana caranya jika Anda ingin non-aktifkan akun Instagram? non-aktifkan akun atau biasa juga disebut deactivated account pada Instagram tidaklah sulit.

Menonaktifkan akun Instagram adalah cara sementara untuk menjauh dari platform tanpa kehilangan data dan koneksi yang telah kita bangun.

Keputusan itu sering kali diambil untuk memberikan waktu bagi diri sendiri dari tekanan sosial media dan untuk fokus pada kehidupan nyata. Ketika Anda merasa siap untuk kembali, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan kembali akun dan melanjutkan aktivitas seperti biasa.

Berikut caranya:
  • Masuk ke akun Instagram yang ingin Anda non aktifkan.
  • Klik menu lainnya di kiri bawah, lalu klik Setelan pengaturan.
  • Klik pusat akun, lalu klik detail pribadi.
  • Klik kepemilikan dan kontrol akun, lalu klik penonaktifan atau penghapusan.
  • Klik akun yang ingin anda non aktifkan sementara.
  • Klik non aktifkan akun, lalu klik lanjutkan.
  • Masukkan kembali kata sandi anda dan klik lanjutkan.
  • Pilih alasan untuk menonaktifkan akun, lalu klik lanjutkan.
  • Klik non aktifkan akun.

Jika Anda menonaktifkan akun untuk sementara, profil, foto, komentar, dan likes anda akan disembunyikan sampai anda mengaktifkannya kembali dengan masuk kembali. Anda hanya dapat menonaktifkan akun Instagram dari komputer, browser seluler, atau aplikasi Instagram.

Anda hanya dapat menonaktifkan akun anda seminggu sekali.  Jika anda tidak ingin menonaktifkan akun tetapi ingin mengubah siapa yang dapat melihatnya, Instagram memberikan fitur private untuk akun anda atau anda juga dapat memblokir orang.

Jika menonaktifkan akun atau deactivated account Instagram, beberapa hal akan terjadi pada akun Anda di platform tersebut. Berikut adalah penjelasan rinci mengenai apa yang akan terjadi ketika akun Instagram dinonaktifkan:

1. Profil Menjadi Tidak Terlihat
Ketika Anda menonaktifkan akun Instagram, profil, termasuk foto, video, komentar, dan suka, akan disembunyikan dari publik. Pengguna lain tidak akan bisa menemukan atau melihat profil Anda sampai mengaktifkannya kembali.

2. Tidak Ada Notifikasi
Selama akun dinonaktifkan, Anda tidak akan menerima notifikasi dari Instagram. Tidak ada pemberitahuan tentang suka, komentar, atau pesan baru. Ini bisa memberikan Anda jeda dari dampak sosial media.

3. Data Aman
Data akun Anda tidak akan hilang. Semua foto, video, komentar, dan informasi lainnya tetap tersimpan di server Instagram. Ketika Anda memutuskan untuk mengaktifkan kembali akun, semua data akan kembali seperti semula.

4. Akses Terbatas
Anda tidak akan bisa mengakses akun, termasuk memposting foto atau video baru, memberikan komentar, atau menyukai postingan selama akun dinonaktifkan. Untuk melakukan aktivitas ini, Anda harus mengaktifkan kembali akun.

5. Pengaruh pada Interaksi Sosial
Menonaktifkan akun Instagram mungkin mempengaruhi interaksi sosial kita dengan teman-teman dan pengikut. Mereka mungkin bertanya-tanya tentang ketidakhadiran kita di platform dan mencoba menghubungi kita melalui cara lain.

6. Perubahan pada Pengaturan Akun
Beberapa pengaturan akun mungkin perlu diperbarui atau diverifikasi kembali saat kita mengaktifkan kembali akun, seperti keamanan akun atau informasi profil.

Baca juga: Cara mudah download Reels dan Story Instagram

Baca juga: Tips membuat Reels Instagram banjir penonton

Baca juga: Simak Instagram Creator Marketplace hingga resep olahan daging kurban

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2024