Tangerang (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman harap akan lahir "Rifda" baru pada kejuaraan 3rd Gymnastics Indonesia Open 2024.

Marciano Norman mengatakan bahwa cabang olahraga gymnastics merupakan salah satu cabang olahraga yang mempunyai potensi besar menyumbang medali di ajang multievent, oleh sebab itu diharapkan adanya regenerasi yang mampu menciptakan prestasi seperti atlet Olimpiade Paris 2024, Rifda Irfanaluthfi.

"Karena cabang olahraga ini adalah cabang olahraga yang memang medalinya itu sangat banyak diperebutkan, baik itu di multievent tingkat SEA Games, Asian Games, maupun di Olimpiade...Oleh karena itu, dari event ini saya harapkan lahir nanti Rifda-Rifda yang ke depan akan jadi atlet-atlet senam Indonesia kebanggaan kita semua," kata Marciano Norman seusai membuka turnamen di British School Jakarta, Bintaro, Tangerang, Jumat.

3rd Gymnastics Indonesia Open 2024 mempertandingkan lima disiplin yaitu artistik, aerobik, ritmik, trampoline, dan parkour. Pada turname

Baca juga: 3rd Indonesia Open 2024 diharapkan jadi ajang regenerasi atlet

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) Ita Yuliati menyebut bahwa ajang ini akan menjadi tempat untuk regenerasi para atlet dengan mendatangkan pencari bakat yang akan mencari bibit-bibit baru gymnastics Indonesia.

"Tujuan dari acara ini tentunya kami ingin melihat bibit-bibit yang ada, dan kami menurunkan tim untuk mencari bakat dengan menggunakan teknologi sport science-nya. Untuk melihat nanti perkembangan dari mereka, terutama yang nanti masuk final dan ini akan menjadi catatan-catatan," kata Ita Yuliati.

Ita, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa indikator yang ditentukan mengenai pemilihan atlet yakni didasarkan postur badan dan kemampuan untuk menguasai gerakan dasar.

Berikut agenda 3rd Gymnastics Indonesia Open 2024:
•⁠ ⁠4 Juli - British School Jakarta, Bintaro – Podium Training
•⁠ ⁠5-7 Juli - British School Jakarta, Bintaro - Men’s Artistic Gymnastics (MAG) & Men’s Artistic Gymnastics (WAG)
•⁠ ⁠8-10 Juli - British School Jakarta, Bintaro - Rhythmic Gymnastics
•⁠ ⁠9-10 Juli - GOR Bulungan - Aerobic Gymnastics
•⁠ ⁠11-12 Juli - Bounce Street, Kelapa Gading - Trampoline
•⁠ ⁠13-14 Juli - Halaman Kemenpora, Senayan – Parkour

Baca juga: Rifda Irfanaluthfi ingin cetak sejarah untuk Indonesia di Paris

Baca juga: Rifda Irfanaluthfi semakin percaya diri jelang tampil di Paris

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024