Tangerang (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) Ita Yuliati memastikan atlet senam Indonesia Rifda Irfanaluthfi siap tampil seratus persen di Olimpiade Paris 2024.

Saat ini Rifda telah menjalani pemusatan latihan di Belanda selama dua Minggu untuk persiapan menuju pergelaran akbar multievent yang berlangsung di kota Paris, Perancis tersebut.

"Alhamdulillah saat ini Rifda sudah hampir dua minggu di Belanda dan berdasarkan komunikasi yang kami lakukan selama ini dia baik-baik saja, lututnya juga baik dan juga semangatnya masih sangat tinggi," kata Ita Yuliati kepada pewarta di Jakarta, Jumat.

"Kami saat ini menjaga satu mood-nya, semangatnya yang tentunya tidak pernah akan surut dan kondisi kesehatannya karena kesehatannya takut tidak dapat beradaptasi dengan cuaca ekstrim ya misalnya," imbuh Ita Yuliati.

Baca juga: Persani: Rifda percaya diri hadapi Olimpiade setelah pulih dari cedera

Baca juga: Rifda Irfanaluthfi semakin percaya diri jelang tampil di Paris


Rifda merupakan pesenam Indonesia pertama yang akan tampil di Olimpiade setelah terdapat realokasi kuota tuan rumah seusai tampil di Kejuaraan Dunia Senam Artistik (Artistic Gymnastics) 2023 di Antwerp, Belgia.

Meski sempat mengalami cedera lutut namun Ita Yuliati mengatakan bahwa saat ini kondisi Rifda telah pulih dari cedera dan sudah siap tampil di Paris.

"Seratus persen telah sembuh jadi Rifda akan turun di empat alat dan di Belanda pun Rifda sudah melakukan (latihan di) empat alat itu," ujar Ita.

PB Persani, Rifda dan tim pelatih memilih Belanda sebagai tempat untuk melakoni pemusatan latihan dikarenakan negeri kincir angin tersebut dapat memudahkan adaptasi cuaca. Selain itu, alat-alat latihannya disebut sangat bagus serta, aman dan nyaman dan lokasinya cukup dekat dengan Paris.

"Karena menurut Rifda dan pelatih Eva itu Belanda fasilitasnya sangat baik. Kemudian yang kedua, dekat ke Paris untuk penyesuaian cuaca dan juga yang ketiga waktu itu dia belajar koreografi di sana tapi sekarang yang paling penting adalah kami beri kenyamanan buat Rifda," kata Ita.

Baca juga: Rifda Irfanaluthfi ingin cetak sejarah untuk Indonesia di Paris

Baca juga: KONI harap lahir "Rifda" baru di 3rd Gymnastics Indonesia Open 2024

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024