Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mendukung dunia pendidikan dan juga pelestarian budaya melalui peresmian renovasi Panggung Sendratari SMKN 4 Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

"Peresmian panggung sendratari ini menunjukkan bahwa Pelindo memiliki perhatian terhadap dunia pendidikan Indonesia. Keberadaan panggung seni ini secara langsung juga akan mendukung desa binaan Pelindo yakni Desa Penglipuran," kata Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Pelindo Ihsanuddin Usman dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), program renovasi Panggung Sendratari SMKN 4 Bangli tersebut juga mendukung keberlanjutan Desa Wisata Penglipuran, desa binaan Pelindo sejak 2017, yang juga terletak di Kabupaten Bangli.

Desa wisata itu juga sering mempertontonkan atraksi kesenian dan sendratari lokal Bali, dengan siswa-siswi SMKN 4 Bangli sering terlibat dalam pertunjukan tersebut.

Peresmian renovasi sanggar tari yang digelar pada Kamis (4/7/2024) tersebut dihadiri oleh Komisaris Pelindo Andus Winarno, Direktur SDM dan Umum Pelindo Ihsanuddin Usman beserta jajaran Pelindo, Kepala Sekolah SMKN 4 Bangli I Wayan Suparta, dan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kabupaten Bangli.

Tim dari Pelindo juga turut hadir dalam acara peresmian itu dan memberikan bantuan kepada SMKN 4 Bangli berupa dana untuk mendukung kegiatan ekstrakurikuler seni tari.

"Kami berkomitmen untuk mendukung pendidikan dan pelestarian budaya di Indonesia. Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi para siswa SMKN 4 Bangli untuk mengembangkan bakat mereka dalam seni tari," ucap Ihsanuddin yang saat itu juga menandatangani prasasti peresmian panggung sendratari.

Renovasi sanggar tari tersebut merupakan bagian dari komitmen SMKN 4 Bangli untuk melestarikan budaya Bali dan memberikan ruang bagi para siswa untuk mengembangkan bakat mereka dalam seni tari.

Sanggar tari yang telah direnovasi dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern seperti ruang latihan yang lebih luas, peralatan tari yang baru serta sistem pencahayaan dan tata suara yang canggih.

"Kami sangat senang dapat meresmikan sanggar tari yang telah direnovasi ini. Sanggar tari ini merupakan aset penting bagi sekolah kami dan kami berharap dapat menjadi tempat bagi para siswa untuk belajar dan mengembangkan bakat mereka dalam seni tari," kata I Wayan Suparta.

Acara peresmian tersebut diakhiri dengan penampilan tari tradisional Bali oleh para siswa SMKN 4 Bangli.

Baca juga: Pelindo Batulicin catat jumlah penumpang capai 81 persen pada 2023
Baca juga: Pemanduan kapal SPJM Pelindo meningkat 4,04 persen
Baca juga: SPJM Pelindo bukukan laba bersih Rp647 miliar

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024