Surabaya (ANTARA) - Untag Surabaya menerapkan teknologi face recognition dan fingerprint sebagai sistem presensi untuk mengamankan data mahasiswa baru pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024, 24-28 Agustus 2024.

Ketua Pelaksana PKKMB 2024 Untag Surabaya Supangat, Ph.D., ITIL., COBIT., CLA di Surabaya, Selasa mengatakan PKKMB 2024 mengusung tema "Teknologi untuk Budi Pekerti", menekankan pentingnya penerapan budi pekerti seiring dengan kemajuan teknologi dalam kehidupan kampus.

Untag Surabaya, menurut Supangat, berkomitmen untuk mengikuti standar keamanan digital yang ketat guna melindungi data pribadi milik mahasiswa.

"Keamanan data pribadi mahasiswa merupakan prioritas utama. Kami memastikan bahwa teknologi face recognition dan fingerprint yang digunakan telah memenuhi standar keamanan digital yang ketat," ujarnya.

Supangat, yang juga merupakan Wakil Dekan I Fakultas Teknik Untag Surabaya, mengungkapkan bahwa implementasi teknologi tersebut akan memberikan kemudahan akses bagi mahasiswa baru untuk menggunakan berbagai fasilitas yang ada di kampus, termasuk dalam melakukan presensi sebelum kegiatan belajar.

"Dengan teknologi ini, mahasiswa baru akan lebih mudah mengakses fasilitas kampus dan melakukan presensi, yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan mahasiswa dalam menjalani kegiatan akademik," ungkapnya.

Baca juga: Fakultas Teknik Untag Surabaya terapkan aplikasi Analisis Beban Kerja
Baca juga: Fakultas Teknik Untag Surabaya rilis platform ruang baca digital


Lebih lanjut, Supangat menekankan bahwa integrasi teknologi canggih dengan nilai-nilai moral merupakan langkah penting dalam membentuk karakter mahasiswa.

"Melalui penggabungan nilai teknologi dan budi pekerti ini, Untag Surabaya berharap bahwa mahasiswa tidak hanya akan berkembang secara akademik, namun juga sebagai individu yang memiliki tanggung jawab dalam menggunakan teknologi," katanya.

Menurut dia, implementasi face recognition di masa PKKMB Untag Surabaya 2024 menjadi contoh nyata bagaimana teknologi dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai moral dan etika untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal di lingkungan kampus.

Dengan penerapan teknologi ini, Untag Surabaya tidak hanya menunjukkan komitmennya dalam mengikuti perkembangan teknologi, tetapi juga dalam menjaga keamanan dan kenyamanan para mahasiswa baru.

Langkah ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya dalam memanfaatkan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab.

Baca juga: Praktisi TI sebut lima pilar untuk membangun pusat data yang andal
Baca juga: Ombudsman nilai perlu ada upaya serius jaga keamanan data imigrasi
Baca juga: Rektor UP: 'Security risk assessment' penting mewaspadai Ransomware

 

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024