Jakarta (ANTARA) - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melalui anak usaha BPKH Limited berhasil mengelola restoran khas Indonesia di Zamzam Tower, Makkah, yakni Damba Resto, sebagai bagian investasi di bidang kuliner di Tanah Suci.

"Investasi BPKH Limited di Damba Resto sudah melalui proses yang prudent karena secara risiko kami bisa terkendali dan kemudian secara optimal dari profit, Insya Allah, kita yakin ini cukup profitable (menguntungkan) dan akan menjadi income bagi BPKH Limited," ujar Direktur BPKH Limited Sidiq Haryono di Jakarta, Rabu.

Sidiq mengatakan investasi di bidang kuliner tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan sejumlah investor di Indonesia. Damba Resto, kata dia, merupakan sebuah restoran yang menyediakan berbagai menu khas Nusantara mulai dari bakso dan mi ayam, sop iga, ayam penyet, sop buntut, nasi goreng, hingga gorengan bakwan.

Menurutnya, keputusan berinvestasi di Damba Resto sudah melalui pertimbangan matang dari sisi risiko maupun potensi keuntungannya. Apalagi jumlah peserta haji dan umrah Indonesia yang besar tiap tahunnya membuat investasi di bidang kuliner penting untuk dilakukan.

Baca juga: BPKH Limited kirim 76 ton bumbu khas Indonesia

"Kami menilai investasi di Damba Resto ini cukup strategis karena lokasinya berada di jantung Kota Makkah, di Tower Zamzam Lantai 4," kata Sidiq.

Seluruh profit yang dihasilkan BPKH Limited dari Damba Resto, kata Sidiq, akan dikembalikan kepada keuangan haji, sehingga dapat dinikmati oleh jamaah Indonesia yang berangkat haji tahun berikutnya.

Selain keuntungan materi, Damba Resto juga menjadi ajang untuk memperkenalkan kuliner asli Indonesia kepada jamaah dari berbagai penjuru dunia.

"Jamaah haji atau umrah sedunia juga kalau masuk ke Damba Resto bisa merasakan suasana atau kultur Indonesia dan saya kira ini cukup strategis bagi kami," kata Sidiq.

Baca juga: BPKH Limited targetkan kelola sejumlah hotel di Arab Saudi tahun depan

Sebelumnya BPKH Limited juga berinvestasi pada bidang akomodasi, khususnya area lobi dan restoran pada sejumlah hotel di Makkah.

Pada musim haji 1445 Hijriah/2024 Masehi, BPKH mengelola 120 area lobi dan restoran. Area lobi dan restoran tersebut kemudian disewakan kembali kepada pelaku usaha.

BPKH Limited menargetkan tahun depan bisa mengelola sejumlah hotel di Arab Saudi yang dapat melayani 10 ribu calon haji Indonesia.

Baca juga: BPKH Limited sewakan area lobi dan restoran hotel di Makkah untuk UMKM

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024