Jakarta (ANTARA) - Yogyakarta atau yang sering disebut Jogja merupakan kota di Indonesia yang dikenal dengan biaya hidup cukup terjangkau.
 
Yogyakarta menarik minat banyak orang dalam beberapa tahun terakhir, mulai dari bisnis, pendidikan, atau perjalanan.
 
Hal itu tidak lepas dari banyaknya universitas ternama dan tempat wisata yang menarik pendatang. Hasilnya, perekonomian kota tumbuh lebih cepat yang berdampak pada perubahan biaya hidup yang juga meningkat.
 
Hal ini dapat dilihat dari kenaikan UMK Yogyakarta pada tahun 2024 sebesar Rp 2,49 juta berdasarkan data BPS, dari sebelumnya Rp2,3 juta.
 
Kondisi itu menjadi tantangan, terutama bagi para pekerja ataupun pelajar yang tinggal di luar kota.
 
Walaupun biayanya masih dikatakan lebih murah dibandingkan kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, tetapi kenaikan ini tetap berdampak pada kemampuan masyarakat dalam menanggung biaya hidup.
 
Berikut rincian biaya hidup di Yogyakarta merangkum dari berbagai sumber:

Tempat tinggal
Bagi perantau atau baru saja tinggal di Yogyakarta dapat menyewa kamar dengan kisaran harga Rp 400 ribu sampai Rp 1 juta per bulannya.
 
Kamar dengan harga tersebut, biasanya tanpa fasilitas furniture, tetapi masih tersedia kamar mandi di dalam dan listrik.
 
Jika memiliki biaya lebih, dapat memilih sewa kamar dengan Rp 1 juta hingga Rp 2 juga per bulan dengan tambahan fasilitas AC, furniture, dan dapur pribadi.
 
Makanan
Biaya hidup untuk makan jika memilih di warung atau pinggir jalan hanya mengeluarkan uang sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu.
 
Jika memilih makan di restoran berbintang, perlu biaya yang lebih dari sekedar Rp 10 ribu. Biasanya dapat menghabiskan Rp 100 ribu.
 
Transportasi
Untuk ojek online, taksi, dan becak, cara pembayarannya sama seperti di kota lain dan berdasarkan jarak perjalanan.
 
Angkutan umum yang biasa digunakan, seperti Trans Jogja dikenakan biaya Rp 3 ribu. Selebihnya Anda dapat siapkan sekitar Rp 5 ribu sampai Rp 6 ribu untuk angkutan kota.
 
Secara keseluruhan, banyak orang masih menganggap Jogja sebagai pilihan yang diinginkan, meskipun biaya hidup mulai meningkat.
 
Tinggal di Jogja mungkin tetap menyenangkan dan terjangkau jika Anda mengatur keuangan dengan baik dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia di daerah tersebut.
 
 

Baca juga: Biaya hidup di Bandung lebih murah dari Jakarta? Ini penjelasannya

Baca juga: Ingin tinggal di Bali? Simak biaya hidupnya

Baca juga: Berapa biaya hidup di Jakarta?
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2024