Jakarta (ANTARA) - Mengenali tanda-tanda awal tsunami sangat penting untuk keselamatan diri dan keluarga Anda. Tsunami merupakan bencana alam yang sangat merusak dan dapat terjadi dengan sedikit atau tanpa peringatan sama sekali.

Berikut adalah tanda-tanda tsunami yang perlu diwaspadai agar Anda bisa mengambil tindakan cepat untuk menghindari bahaya dari bencana alam ini:

1. Gempa bumi kuat di sekitar pantai

Tanda pertama yang sering kali mengawali tsunami adalah gempa bumi yang kuat. Jika Anda berada di sekitar pantai dan merasakan gempa bumi yang kuat atau berlangsung cukup lama, ini bisa menjadi pertanda bahwa tsunami mungkin akan segera terjadi.

Gempa bumi yang menyebabkan tsunami biasanya memiliki magnitudo 7,0 atau lebih besar. Oleh karena itu, jika Anda merasakan gempa bumi yang kuat, segeralah mencari area yang lebih tinggi dan menjauh dari pantai.

2. Surutnya air laut secara mendadak

Salah satu tanda paling umum dari terjadinya tsunami adalah surutnya air laut secara mendadak dan tidak biasa. Jika Anda melihat air laut surut secara drastis, hingga Anda dapat melihat bagian dasar laut yang biasanya tertutup air, ini adalah pertanda bahwa gelombang tsunami besar akan segera datang.

Fenomena ini terjadi karena air laut ditarik kembali ke laut sebelum gelombang besar menghantam pantai. Jika Anda melihat tanda ini, segera lari ke tempat yang lebih tinggi dan menjauh dari area pantai.

3. Suara aneh atau gemuruh

Bencana alam ini sering kali diawali oleh suara aneh atau gemuruh yang tidak biasa. Suara ini bisa terdengar seperti gemuruh yang dalam atau suara ledakan yang jauh.

Suara aneh ini disebabkan akibat pergerakan air laut yang cepat dan besar. Jika Anda mendengar suara seperti ini dan berada di dekat pantai, segera menjauh dan cari tempat yang lebih tinggi.

4. Perubahan perilaku hewan

Hewan memiliki insting untuk merasakan perubahan lingkungan yang lebih peka daripada manusia. Beberapa menit hingga beberapa jam sebelum tsunami, hewan-hewan mungkin akan menunjukkan perilaku yang tidak biasa.

Burung-burung mungkin terbang dengan cepat dan hewan darat mungkin berlari ke tempat yang lebih tinggi. Jika Anda melihat perilaku hewan yang tidak biasa, ini bisa menjadi pertanda bahwa tsunami akan segera datang.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan sejumlah anjuran yang perlu Anda lakukan apabila mendapati satu atau lebih tanda-tanda di atas:
  1. Nyalakan radio untuk mengetahui apakah tsunami akan terjadi setelah adanya gempa bumi di sekitar wilayah pantai.
  2. Cepat bergerak menjauh ke arah daratan yang lebih tinggi dan tinggal di sana sementara waktu.
  3. Jauhi pantai. Jangan pernah menuju ke pantai untuk melihat datangnya tsunami. Apabila Anda dapat melihat gelombang di laut, berarti Anda berada terlalu dekat. Segeralah menjauh.
  4. Waspada apabila terjadi air laut yang surut, jauhi pinggir pantai. Ini merupakan salah satu peringatan tsunami dan harus diperhatikan.
Dengan memahami tanda-tanda ini dan mengambil tindakan cepat, Anda dapat mengurangi risiko dan melindungi diri dari bahaya tsunami.

Baca juga: Begini proses dan tanda-tanda terjadinya tsunami
Baca juga: Tsunami, penyebab dan ciri-cirinya yang harus diketahui

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2024