Jakarta (ANTARA) - Persaingan di turnamen bulu tangkis Yonex Sunrise Pembangunan Jaya Raya Junior International Grand Prix 2024 di GOR PB Jaya Raya, Tangerang Selatan, kini semakin merata yang menandai semakin meningkatnya kualitas para peserta setiap tahunnya.

“Dibanding tahun lalu memang ada penurunan jumlah peserta, tetapi tidak menurunkan keseruan jalannya pertandingan. Tahun lalu terdapat 965 peserta yang masuk main draw dan sekarang 927 peserta. Untuk U-19 full draw 128 dan U-15, U-17 memainkan 64 draw. Tiap partai dipatok 30 menit, tetapi nyatanya bisa satu jam. Ini pertanda persaingan semakin merata dan kompetitif. Setiap pemain memberikan permainan yang ketat dan saling memberi perlawanan,” ungkap Direktur Turnamen Rosiana Tendean seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.

Mantan pemain ganda putri itu kemudian mengatakan, petugas lapangan dan panitia pelaksana perlu kerja ekstra untuk memfasilitasi pertandingan menyusul keterbatasan lapangan dan durasi bermain. Kendati demikian, Rosi bersyukur pertandingan berjalan lancar sesuai “order of play” yang direncanakan dan tanpa halangan berarti.

Mengenai atlet asing yang berpartisipasi, Rosi melihat kehadiran mereka memiliki arti tersendiri bagi pebulu tangkis lokal. Hadirnya pemain-pemain asing berkualitas bisa menjadi bekal berharga untuk bersaing di kompetisi internasional nantinya.

“Dengan adanya pemain asing akan meningkatkan semangat dan pengalaman bertanding di kompetisi lokal maupun internasional. Selain itu diharapkan dapat mendongkrak kualitas kompetisi secara menyeluruh,” ucap Rosi.

Sementara itu atlet tunggal putra U-15 dari Jaya Raya, Alvin Jefferson Kusuma secara mengejutkan menang atas unggulan ke-14 asal Jepang Masako Ogawa 21-18, 21-11 di babak ketiga, Kamis.

“Senang bisa menang, apalagi melawan pemain luar. Saya mencoba bermain sabar saja dan membuat lawan capek. Walau masih sering melakukan kesalahan sendiri, semoga di laga berikut saya bisa perbaiki,” ungkap Alvin yang pada babak delapan besar bertemu rekan senegara unggulan delapan Muhammad Ilham Pratama Tuansyah yang sebelumnya membungkam pemain Malaysia Chong Yee Teoh.

Baca juga: Legenda bulu tangkis sambut hangat penyelenggaraan turnamen junior

Sedangkan tunggal putri U-19 Thalita Ramadhani Wiryawan menang atas Fransiska Pray Adventri 21-13, 21-11.

Pada laga selanjutnya, Thalita akan bertemu atlet India Lakshya Rajesh. “Pertandingan tadi lebih lepas saja dan lebih percaya diri untuk menempatkan bola. Semoga lebih baik dari tahun lalu yang terhenti di babak awal,” imbuh pemain binaan Jaya Raya ini.

Menyoal lawannya, Thalita akan menghadapi dengan tanpa beban dan berusaha meminimalisir kesalahan sendiri.

Dari tunggal putri U-15, Birahmatika Astagisu melaju ke babak delapan besar setelah menghentikan rekan senegaranya Tyas Anggraeni 21-23, 21-12, 21-11.

“Set pertama lawan bermain bagus dan saya tidak bisa keluar dari tekanan. Memasuki set kedua, mungkin lawan sudah lelah dan saya berhasil mengambil kesempatan. Set ketiga lebih mudah dilewati,” ujar Birah.

Pada pertandingan berikutnya, Birah akan menantang unggulan kedua asal Jepang Kokoro Sato. Dia mengaku tidak gentar melawan pemain unggulan sekalipun. “Target saya sudah solid. Saya ingin juara di Grand Prix,” katanya.

Baca juga: Turnamen junior jadi tumpuan lahirkan bibit atlet masa depan
Baca juga: 1.027 atlet ikuti ajang bulu tangkis junior internasional


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024