Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar acara balap sepeda Zebra Bhayangkara Presisi Sudirman Loop 2024 pada Sabtu (13/7), sebagai rangkaian HUT ke-78 Bhayangkara.

“Penyelenggaraan acara akbar balap sepeda bertaraf nasional yang diselenggarakan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 yang jatuh pada tanggal 1 Juli,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kapolri minta jajaran tingkatkan kinerja jaga kepercayaan masyarakat

Ia mengatakan, acara yang diselenggarakan di sepanjang ruas Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, tepatnya dari Bundaran HI hingga Bundaran Senayan ini sebagai wujud Polri dalam berinteraksi dengan masyarakat melalui kegiatan olahraga sepeda.

Selain itu, acara ini merupakan upaya Polri memperkuat hubungan positif antara kepolisian dengan masyarakat melalui upaya kemitraan dan pendekatan komunitas dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Event ini tidak semata ajang kompetisi olahraga, tetapi juga momen untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan sportivitas, serta memberikan ruang publik untuk pecinta olahraga sepeda di tanah air dan ajang mempromosikan sebagai kota yang ramah untuk pesepeda,” kata dia.

Ia menambahkan, digelarnya Zebra Bhayangkara Presisi Sudirman Loop 2024 ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat dalam olahraga sepeda.

“Serta mendukung atlet balap sepeda Indonesia yang kembali lolos Olimpiade 2024 setelah menunggu 30 tahun,” ujarnya.

Acara yang dioperatori oleh Korlantas Polri ini akan diikuti oleh 500 pebalap sepeda. Beberapa pejabat Polri yang akan hadir antara lain Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto, PJU Mabes Polri, dan Kapolda Metro Jaya.

Pejabat dari instansi lain juga dijadwalkan akan hadir, di antaranya adalah Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Dirut Jasa Raharja, Dirut Bank BNI, dan Dirut Bank BRI.

Baca juga: Pengamat: Kenaikan operasional prajurit TNI/Polri tingkatkan kinerja
Baca juga: Polri gelar lomba menembak pada Kapolri Cup 2024 guna jaring atlet
Baca juga: Kapolri ingatkan Capaja pentingnya sinergitas TNI-Polri

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2024