Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meninjau pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batin Mangunang, di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Jumat, guna memastikan peningkatan pelayanan kesehatan di daerah itu.

Menurut keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, dalam kunjungannya Presiden Jokowi mengecek sejumlah fasilitas mulai dari tempat pendaftaran, poliklinik, hingga radiologi.

Presiden Jokowi juga menyapa para pasien maupun tenaga medis yang sedang bertugas di rumah sakit tersebut.

Direktur RSUD Batin Mangunang Theresia Hutabarat yang mendampingi Presiden Jokowi selama peninjauan, menyampaikan bahwa rumah sakit yang ia pimpin memiliki status akreditasi paripurna dan menyediakan berbagai layanan kesehatan melalui 10 klinik spesialis.

“Kemudian ada instalasi rawat inap dan instalasi penunjang medik, di antaranya farmasi, laboratorium, radiologi, UTDRS, gizi, rekam medis, dan kamar jenazah, disertai dengan instalasi gawat darurat dan instalasi bedah,” ujar Theresia.

Baca juga: Presiden Jokowi cek harga bahan pokok di Pasar Kota Agung Lampung
Baca juga: Presiden minta pemda siapkan ruangan bagi bantuan alat kesehatan


Terkait pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Theresia mengungkapkan bahwa pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan yang cepat dan efisien, termasuk melalui sistem pendaftaran daring yang memungkinkan pasien mendaftar dari rumah dan minim antrean saat tiba di rumah sakit.

“Jadi pasien-pasien di sini tidak perlu lagi menunggu lama. Dia bisa mendaftarkan dari rumah, kemudian dari sini dia langsung ke pendaftaran, finger print, lalu ke poli dalam waktu tunggu 3-4 menit,” ungkapnya.

Pasien RSUD Batin Mangunang, Idaliana, yang menggunakan layanan BPJS untuk mengecek kondisi kehamilannya, menyatakan bahwa pelayanan kesehatan di RSUD sangat membantu, khususnya bagi keluarga yang tidak mampu.

“Prosedurnya tidak ribet, dan sangat menolong masyarakat,” kata Idaliana.

Lilis, warga setempat yang datang mengantar suaminya yang sakit gigi dan anaknya yang demam, menyatakan kepuasannya terhadap pelayanan di RSUD Batin Mangunang.

“Pelayanannya cepat dan baik, fasilitasnya juga lengkap,” ujar Lilis.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan tersebut yaitu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Pj. Gubernur Lampung Samsudin, dan Pj. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan.

Baca juga: Presiden akan tinjau panen kopi di Lampung Barat
Baca juga: Kunjungan Presiden ke Pasar Sentral Kotabumi disambut warga Lampung

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024