Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan berharap ajang balap sepeda Sudirman Loop 2024 bisa mendorong ketertarikan dan partisipasi masyarakat dalam olah raga sepeda serta melahirkan atlet-atlet balap sepeda baru.

Hal itu disampaikan Aan saat membuka Sudirman Loop 2024 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu. Dia juga berharap ajang tersebut bisa membantu persiapan atlet sepeda Indonesia yang akan berlaju di kancah nasional maupun internasional.

"Sehingga even ini bisa menjaring bibit-bibit atlet sepeda untuk bisa naik ke Pelatnas. Kegiatan ini juga sebagai bentuk pendekatan Polri dengan masyarakat, terutama komunitas sepeda, baik sepeda road bike, sepeda MTB, dan lain sebagainya," kata Aan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Aan mengatakan kegiatan ini juga merupakan bagian dari kampanye pengendalian udara dan pengurangan karbon yang disebabkan oleh kendaraan bermotor, serta mendorong masyarakat untuk menggunakan alat transportasi yang lebih sehat.

"Sebagai bentuk kampanye untuk pengendalian udara atau karbon yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor dan sebagainya. Mudah-mudahan dengan even ini, kita bisa membiasakan masyarakat untuk menggunakan alat transportasi yang sehat dan merakyat," ujarnya.

Aan juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jakarta yang sudah bertoleransi memberikan kesempatan kepada atlet dan para pecinta olahraga sepeda untuk menggunakan fasilitas Sudirman.

"Terima kasih sekali kepada seluruh masyarakat Jakarta dan masyarakat Indonesia yang sudah bertoleransi memberikan kesempatan kepada atlet, kita dan para pecinta olahraga sepeda untuk menggunakan fasilitas Sudirman hari ini," tuturnya.

Sebagai informasi, Sudirman Loop 2024 adalah fasilitas balapan sepeda terpanjang di Indonesia, diikuti 500 peserta kategori Men Elite, Men Master A, Men Master B, Men TNI & Polri U40, Men TNI & Polri 40 UP, kemudian kategori Men Junior, Women Elite, Women Open, Women TNI & Polri U40, dan Executive Master.

Baca juga: Polri gelar balap sepeda Zebra Bhayangkara Presisi Sudirman Loop 2024
Baca juga: Menpora dukung ICS untuk hidupkan kembali agenda balap sepeda
Baca juga: Kemenpora ingin atlet balap sepeda hebat lahir dari kejurnas di Batam

 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2024