Jakarta (ANTARA) - Tim bulu tangkis Indonesia yang terdiri dari sembilan atlet telah berangkat ke Chambly, Prancis pada Sabtu untuk menjalani pemusatan kurang lebih 10 hari demi menjaga tradisi medali emas di Olimpiade.

Sejak cabang olahraga bulu tangkis dipertandingkan di Olimpiade 1992  Barcelona, Indonesia hanya sekali absen menyumbang emas yaitu pada edisi 2012 di London.

Sembilan atlet bulu tangkis yang berlaga di Olimpiade Paris 2024 adalah Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting dari tunggal putra, Gregoria Mariska Tunjung dari tunggal putri, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dari ganda putra, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dari ganda campuran, dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dari ganda putri.

"Target pasti ingin ada tradisi emas. Kita berharap ada yang nyangkut dari lima sektor yang ada," kata Juru bicara tim Ad Hoc Olimpiade 2024 Paris PBSI Yuni Kartika ketika ditemui ANTARA di Gedung VVIP Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu.

Baca juga: Tim bulu tangkis Indonesia bertolak ke Paris ikuti Olimpiade

Dalam kesempatan berbeda, Ketua tim Ad Hoc Olimpiade 2024 Paris PBSI Fadil Imran meminta semua masyarakat termasuk rekan-rekan media untuk mendukung dengan cara positif demi tercapainya tradisi emas yang pada edisi terakhir di Tokyo disumbangkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

"Saya mengajak rekan-rekan media untuk menghadirkan suasana kondusif selama pelaksanaan Olimpiade Paris 2024. Saya mohon rekan media dapat menyebarkan energi positif dan kritik yang konstruktif demi kemajuan olahraga nasional," kata Fadil

"Mari kita sama-sama berdoa agar target mempertahankan medali emas bulu tangkis di Olimpiade bisa kita capai tahun ini," tambahnya.

Baca juga: Undian grup cabang bulu tangkis Olimpiade Paris resmi diumumkan

Secara total, terdapat 58 orang yang berangkat ke Chambly yang sudah termasuk sembilan atlet yang akan berlaga di Olimpiade, lima pelatih teknik, tiga pelatih fisik, tim pendukung seperti fisioterapis, masseur, dokter, psikolog, tim sparring hingga para mentor.

Alvi Wijaya, Bagas Maulana, Muhammad Shohibul Fikri, dan Daniel Marthin menjadi beberapa nama pemain sparing yang akan menguji ketangguhan Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, hingga Gregoria Mariska Tunjung.

"Karena kan main kan perlu variasi untuk lawannya dan kita gak mungkin ambil lawan di sana. Jadi kita bawa sparing partner biar pace latihan dan persiapan mainnya, udah tahu lawan-lawannya siapa, untuk sparingnya yang dibawa ya kira-kira yang mendekati seperti itu," jelas Yuni.

Cabang olahraga bulu tangkis di Olimpiade Paris akan dipertandingkan di Porte de la Chapelle Arena, Paris pada 27 Juli hingga 5 Agustus.

Baca juga: PBSI: Bulu tangkis Indonesia bertekad jaga tradisi medali Olimpiade

Baca juga: Jadwal pertandingan bulu tangkis di Olimpiade Paris 2024

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024