Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengingatkan sivitas Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) untuk terus berupaya membuat Indonesia menjadi lebih baik.

“PKN STAN adalah sebuah universitas yang diberikan banyak sekali investasi keuangan negara yang sungguh luar biasa. Di kampus ini, harusnya bisa membuat Indonesia menjadi lebih baik,” kata Sri Mulyani dalam Dies Natalis PKN STAN ke-9, sebagaimana dikutip dari keterangannya di Jakarta, Senin.

Menkeu mengatakan, proses belajar-mengajar di PKN STAN didesain dengan tujuan membangun generasi pengelola keuangan negara yang mampu mengelola dan menggunakan instrumen keuangan negara untuk menciptakan masa depan Indonesia yang cerah.

Berbagai inisiatif dan inovasi dilakukan untuk memperbaiki kegiatan belajar mengajar PKN STAN, seperti pembaruan materi mengenai pengelolaan keuangan negara, memberikan akses terhadap informasi, mengundang para praktisi sebagai pengajar, memperbaiki dan membangun infrastruktur kampus, melakukan kerja sama di tingkat nasional dan global, serta pembangunan karakter bagi mahasiswa.

Untuk itu, Menkeu meminta privilese yang diberikan oleh negara tersebut menimbulkan konsekuensi tanggung jawab dan kemudian muncul dedikasi untuk kesejahteraan bangsa Indonesia.

“Kalau sampai bahan resepnya sudah komplit dan tidak keluar hasil yaitu Indonesia yang lebih baik, maka tanggung jawabnya ada di Anda semuanya,” tutur dia.

Menkeu berharap inisiatif-inisiatif yang dilakukan untuk mengembangkan PKN STAN tersebut dapat menghasilkan sumber daya manusia pengelola keuangan negara yang andal, kompeten, memiliki integritas dan karakter yang baik, serta mencintai Republik Indonesia.

Sri Mulyani juga berharap PKN STAN dapa berkembang dan bertransformasi menjadi pusat pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia keuangan negara yang tidak hanya berkualitas, namun juga berkarakter dan beretika. Dengan begitu, PKN STAN bisa menjadi aset berharga tidak hanya khusus bagi Kementerian Keuangan tetapi juga bagi segenap bangsa Indonesia.

Baca juga: Menkeu Resmikan The Gade Creative Lounge di PKN STAN
Baca juga: Menkeu masih kaji kebijakan relaksasi "automatic adjustment"
Baca juga: RI dan AS sepakat tukar utang dengan konservasi terumbu karang


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024