Tangerang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Polda Metro Jaya fokus menyosialisasikan kedisiplinan berlalu lintas dalam Operasi Patuh Jaya 2024 di wilayah hukumnya tersebut.

Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Roberto Pasaribu di Tangerang, Senin menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan operasi ini dimaksudkan sebagai menciptakan budaya tertib lalu lintas yang bermuara pada keselamatan dan tertib di jalan raya.

"Keselamatan di jalan raya adalah tanggung jawab kita bersama. Mari bersama-sama kita ciptakan lingkungan lalu lintas yang tertib dan aman untuk kita semua. Keluar dari rumah menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dalam keadaan sehat dan selamat, demikian pula kembali ke rumah dalam keadaan sehat dan selamat," katanya.

Ia mengajak para pengguna kendaraan, khususnya di kawasan Bandara Soetta untuk bersama-sama menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas baik di jalan raya maupun di jalan bebas hambatan atau tol.

"Operasi Patuh Jaya 2024 bukan semata pada penindakan hukum, tetapi juga upaya edukasi dan pencegahan terhadap pelanggaran lalu lintas yang berpotensi membahayakan keselamatan pengguna jalan," terangnya.

Disebutkannya, dalam kegiatan operasi itu pihaknya akan melibatkan 150 personel gabungan TNI-Polri dan stakeholder di Bandara Soetta.

"Operasi kepolisian ini dilaksanakan serentak selama 14 hari dari tanggal 15-28 Juli 2024 di Polrestro/Polresta/Polres jajaran Polda Metro Jaya," tuturnya.

Sementara, Kasat Lantas Polresta Bandara Soetta Kompol Bernard Bachtera Saragih menambahkan, dalam Operasi Patuh Jaya terdapat 14 target operasi yang akan menjadi fokus utama penindakan.

Diantaranya, yakni mengenai kelengkapan surat-surat baik pengemudi ataupun kendaraan serta perilaku budaya mengemudi yang berpedoman kepada kepatuhan aturan berlalu-lintas di jalan raya.

"Ada 14 target yang akan kita laksanakan selama operasi ini, diantaranya seperti kelengkapan surat-surat dan ketertiban serta kedisiplinan," kata dia.

Baca juga: Polri dan PSSI pastikan keamanan liga sepak bola di Indonesia
Baca juga: Operasi Patuh 2024 upaya Polri ciptakan kamseltibcarlantas di Kepri
Baca juga: Purnawirawan TNI-Polri dan akademisi kaji implementasi Pancasila

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2024