Medan (ANTARA News) - Atlet Sumatera Utara mulai meninjau venue Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/ 2016 Jawa Barat, guna melakukan adaptasi sebelum pertandingan berlangsung pada masing-masing cabang olahraga.

Staf Ofisial tim Peparnas Sumut, Rima Mediyana Sari yang dihubungi dari Medan, Kamis, mengatakan, sehari menjelang pembukaan Peparnas, akan dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh atlet terutama untuk beradaptasi dengan venue pertandingan.

Adaptasi sangat penting untuk menyesuaikan diri dengan kondisi di sekitar venue, seperti pengaruh cuaca, hingga yang berhubungan dengan teknis.

"Seluruh atlet memang diberi waktu satu hari untuk uji venue di masing-masing cabang olahraga. Ini harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh atlet," katanya.

Pada Peparnas 2016 kali ini, Sumut berkekuatan 74 atlet dari delapan cabang olahraga yang diikuti yakni atletik, catur, angkat berat, tenis meja, renang, bulu tangkis, judo, dan goal ball.

Sementara Kabid Akomodasi dan Konsumsi PB Peparnas, Dudi Sudradjat Abdurachim, mengatakan, mulai Rabu (12/10), atlet dan ofisial terutama dari luar Jawa mulai berdatangan ke Bandung.

"Kami siap menyambut seluruh kontingen. Sesuai arahan gubernur, kami menyambut tangan terbuka dengan spirit someah ka semah," katanya.

Pihaknya sudah siap siaga menyambut sekitar 3.000 lebih peserta terdiri atas 2.300 atlet dan sisanya ofisial, salah satu kesiapan terlihat dari pengaturan akomodasi dengan baik, yang mana 13 hotel tak jauh dari venue pertandingan.

"Pengaturan itu selain memudahkan atlet untuk berkonsetrasi dalam pertandingan, juga kian merekatkan hubungan karena semua provinsi satu cabang olahraga berada di hotel sama," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2016