ANTARA - Forum Konservasi Gajah Indonesia mencatat berkurangnya populasi gajah Sumatera hingga 69 persen dalam 20 tahun terakhir. Saat ini, populasi gajah Sumatera tercatat sebanyak 1.200 ekor yang tersebar di seluruh wilayah Sumatera.

Sementara itu, Provinsi Riau merupakan salah satu habitat asli gerombolan gajah liar Sumatera yang ada di Indonesia. Sejak tahun 1980, keberadaan gajah liar dianggap menjadi permasalahan bagi masyarakat. Agar tidak mengganggu program pembangunan, maka dilaksanakan kegiatan penggiringan gajah besar-besaran ke habitat aslinya lewat Operasi Ghanesa dan Tata Liman yang berlangsung sejak era '80-an.

Perlindungan terhadap gajah mutlak diperlukan, semisal lewat keberadaan suaka margasatwa ataupun penangkaran gajah liar. Faktanya, gerombolan gajah memiliki jalur pelintasan yang mereka susuri sejak lama dan kini punya irisan dengan jalur tol Pekanbaru-Dumai (Permai).(Rina Nur Anggraini/Aloysius Puspandono/Azhfar Muhammad Robbani, Syamsul Rizal/Soni Namura/Ahmad Faishal Adnan)