ANTARA - Pada 25 September 2020, Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Permai (Pekanbaru – Dumai) yang jadi bagian dari proyek Tol Trans Sumatera. Tol Permai memiliki lima Underpass Perlintasan Gajah (UPG) satu-satunya di Indonesia untuk menjaga ekosistem gajah Sumatera.

UPG Tol Permai berada di seksi 4 yaitu Kandis Utara - Duri Selatan dan dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja. Terowongan gajah di Tol Permai memiliki ukuran clearance 5,1 meter dan lebar 40 meter. Diperkirakan UPG Tol Permai dapat dilintasi hingga seratus ekor gajah.

Pihak pembangun Tol Permai sudah menyadari jalan yang dibangun akan membelah lintasan gajah, sehingga kemudian dibuat terowongan agar kawanan binatang raksasa itu bisa leluasa melintas. Fungsi terowongan gajah di ruas Tol Permai tidak hanya sebagai upaya melindungi habitat dan keselamatan gajah-gajah liar, tetapi juga untuk menjaga keselamatan para pengguna jalan tol. (Rina Nur Anggraini/Aloysius Puspandono/Azhfar Muhammad Robbani, Syamsul Rizal/Soni Namura/Ahmad Faishal Adnan)