Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka lebih rendah pada perdagangan Rabu, terbebani oleh penurunan saham pertambangan karena harga logam jatuh, dan data ekonomi yang kuat memicu kekhawatiran bahwa suku bunga tetap lebih tinggi lebih lama.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,4 persen pada pukul 08.09 GMT. Investor juga menunggu risalah pertemuan terakhir Federal Reserve AS yang akan dirilis hari ini.

Indeks sumber daya dasar Eropa merosot 1,4 persen, karena penambang mengikuti penurunan harga tembaga, juga terbebani oleh kekhawatiran tentang prospek permintaan dari China.

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih rendah tertekan HSBC

Data pada Selasa (21/2/2023) menunjukkan aktivitas ekonomi Prancis dan Jerman bergerak kembali ke wilayah pertumbuhan, sementara rebound dalam aktivitas bisnis AS juga mendukung pandangan bahwa suku bunga di kedua ekonomi itu akan tetap lebih tinggi lebih lama.

Titik terangnya, Stellantis terangkat 1,9 persen setelah pembuat mobil itu mengatakan laba operasinya tumbuh 17 persen pada paruh kedua tahun lalu di tengah kombinasi produk dan harga yang kuat.

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi didorong sektor pertambangan

Baca juga: Saham Eropa dibuka turun, kekhawatiran suku bunga naik muncul kembali

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2023