Jakarta (ANTARA) - Rapat kerja nasional (rakernas) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) 2023 di Jakarta, Senin, mengesahkan empat anggota baru dari Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua yakni Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Dengan demikian, KONI saat ini memiliki 38 pengurus provinsi (pengprov) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Hasil dari rakernas ini, anggota KONI Pusat bertambah dengan adanya empat KONI Provinsi baru yaitu Papua Pegunungan, Papua Barat Daya, Papua Selatan, dan Papua Tengah," kata Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman setelah menutup rakernas KONI Pusat di Jakarta, Senin.

Empat anggota baru tersebut, lanjut Marciano, diharapkan segera mempersiapkan atlet untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh-Sumatra Utara.

Baca juga: Rakernas KONI 2023 bahas persiapan dan kesiapan PON 2024 di Aceh-Sumut

Meski belum lama terbentuk, empat anggota KONI dari hasil pemekaran Papua mendapat hak istimewa untuk bersaing dalam pesta olahraga terbesar di Tanah Air edisi ke-21 tersebut.

Hal ini, kata Marciano, sesuai dengan instruksi langsung Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas, belum lama ini.

Selain mengesahkan empat anggota baru KONI provinsi, rakernas kali ini juga menerima dua cabang olahraga sebagai anggota yakni bela diri campuran (MMA) amatir dan pickleball.

"Kami bersepakat untuk bersatu, harus mau berbagi, saling menutupi kekurangan yang ada, dan memperkuat semua kepentingan olahraga," ujar Marciano.

"Dengan begitu, atlet Indonesia akan bisa membuat kita semua bangga karena prestasi tertingginya. Saya mengharapkan dukungan dari semua pihak," kata Marciano.

Baca juga: KONI ingin bibit atlet nasional dapat ditemukan di PON 2024
Baca juga: Menpora tegaskan PON XXI tetap sesuai jadwal

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023