Jambi (ANTARA) - Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jambi Kombes Pol Bambang Yugo Pamungkas mengingatkan masyarakat di daerah setempat untuk waspada dengan berbagai modus penipuan online terutama selama Ramadhan dan Idul Fitri.

"Biasanya, berbagai macam modus penipuan menjelang lebaran ini banyak dilancarkan oleh para pelaku," kata dia di Jambi, Jumat.

Ia mengatakan bahwa Polda Jambi secara berkelanjutan mengingatkan masyarakat melalui himbauan untuk tetap waspada akan aksi penipuan dengan berbagai modus.

"Mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai modus penipuan berkedok deposit dengan cara memberikan like atau komentar pada postingan akun tertentu kemudian mendapatkan uang dari situ," kata dia.

Maka dari itu, disampaikan dia, masyarakat diminta untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu apabila menerima pesan singkat dari media sosial seperti instagram dan facebook.

"Iya, kalau ada menerima pesan singkat atau telepon yang menjanjikan sesuatu dicek dahulu. Apabila kita tidak mengetahui, bisa ditanyakan kepada orang yang mengetahuinya," katanya.

Mendekati momen lebaran kali ini, disebutkan dia, sejumlah oknum tidak bertanggungjawab diduga berusaha untuk melakukan kejahatan melalui transaksi elektronik.

"Maka dari itu, masyarakat diimbau selalu waspada terhadap aksi penipuan melalui transaksi elektronik," katanya.

Ia berharap masyarakat saat ini semakin cerdas dan bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak mudah mempercayai upaya-upaya pelaku kejahatan yang dapat merugikan masyarakat.

Terlebih, kata dia, ketika menjelang Idul Fitri, penipuan elektronik seperti itu kerap dilakukan pelaku dengan modus bisa mendatangkan uang bagi korbannya.



 

Pewarta: Tuyani
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024