Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Malang menyiapkan skema untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas menuju kawasan wisata Gunung Bromo yang diakses melalui wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada masa libur Lebaran 2024.

Kasi Humas Polres Malang Ipda Dicka Ermantara di Kabupaten Malang, Sabtu mengatakan Polres Malang menyiapkan tim urai yang disiagakan di area peristirahatan Poncokusumo untuk melakukan penanganan jika terjadi kepadatan arus kendaraan.

"Di rest area Poncokusumo, ada tim urai yang disiagakan," kata Dicka.

Baca juga: Kunjungan wisatawan ke Bromo capai 8.308 orang saat libur Lebaran 2024

Dicka menjelaskan tim urai yang bersiaga di rest area tersebut akan melakukan rekayasa arus lalu lintas kendaraan yang menuju kawasan Gunung Bromo. Arus wisatawan yang melintas di kawasan itu akan masuk kawasan Bromo melalui pintu masuk Pos Jemplang, Desa Ngadas.

Menurut dia, rekayasa arus lalu lintas tersebut diterapkan dengan sistem buka tutup. Kendaraan yang akan menuju pintu masuk Pos Jemplang akan diminta untuk beristirahat sejenak sampai ada kendaraan yang keluar dari kawasan Bromo.

"Rest area tersebut cukup luas, wisatawan akan diminta berhenti sejenak dan beristirahat sampai ada kendaraan yang turun. Jadi sistem buka tutup," ujarnya.

Baca juga: Balai Besar TNBTS belum tambah kuota wisatawan saat libur Lebaran

Ia mengatakan salah satu titik yang menjadi perhatian personel Polres Malang adalah di Bromo Hillside atau Pos Jemplang di Desa Ngadas. Pada tahun sebelumnya, terjadi kepadatan arus kendaraan yang luar biasa di titik tersebut.

Secara keseluruhan, kata dia, ada peningkatan arus kendaraan yang menuju sejumlah titik wisata di wilayah Kabupaten Malang, seperti di kawasan Pantai Malang bagian selatan ataupun berbagai destinasi wisata lainnya.

"Tentunya kami sudah mengantisipasi dan menyiapkan sejumlah pos pengamanan di titik-titik wisata," katanya.

Pada masa libur Lebaran 2024, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan Gunung Bromo di Jawa Timur mencapai 8.308 orang pada masa libur Lebaran 2024 atau pada periode 10-13 April 2024.

Balai Besar TNBTS juga menyiapkan langkah antisipasi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dan menambah jumlah kuota kunjungan dari sebelumnya 2.752 orang per hari menjadi 5.504 orang per hari dengan sejumlah ketentuan.

Baca juga: Wisata Bromo ditutup total untuk pembersihan kawasan
Baca juga: Kunjungan wisatawan ke Bromo pada 2023 capai 368.507 orang

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2024