Jakarta (ANTARA) -
Anggota Komisi IX DPR RI Kris Dayanti menilai momentum peringatan Hari Kartini menjadi semangat atau spirit bagi perempuan di Indonesia untuk berkontribusi bagi pembangunan bangsa.
 
"Hari Kartini menjadi spirit bagi perempuan masa kini untuk terus berkarya, berkontribusi bagi pembangunan nusa dan bangsa," kata Kris Dayanti dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, menanggapi peringatan Hari Kartini pada 21 April.
 
Ia pun mengaku optimistis pada masa kini seluruh perempuan di Tanah Air dapat menentukan jalan karir sendiri, tanpa meninggalkan kewajiban sebagai ibu rumah tangga. Menurut dia, hal tersebut merupakan salah satu hal istimewa yang dimiliki oleh perempuan.
 
"Sekarang, semua perempuan dapat menentukan karirnya dan tetap menjaga perannya sebagai seorang ibu," ujar Kris Dayanti.

Baca juga: Menteri PPPA ingin perempuan berdaya secara ekonomi
 
Kris Dayanti menekankan sosok Kartini dan perjuangannya serta pemikirannya dalam mendorong persamaan hak, terutama terkait hak memperoleh pendidikan di antara laki-laki dan perempuan di Tanah Air, akan selalu dikenang dengan baik oleh seluruh masyarakat Indonesia.
 
"Kartini menjadi teladan para perempuan dahulu dan kini, pemikirannya tidak usang oleh waktu. Dia memastikan ilmu adalah warisan terpenting nan luhur. Karenanya, Kartini berupaya mendorong persamaan hak pendidikan untuk perempuan kala itu," ucap Kris Dayanti.
 
Sebelumnya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga telah meminta para perempuan Indonesia agar meneladani perjuangan RA Kartini untuk terus berkarya mengembangkan potensi diri dan untuk Indonesia yang lebih baik.
 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024