Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) meraih Piagam Penghargaan Prestasi Pemerintah Daerah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) 2023 yang dinilai terbaik secara nasional.

Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono usai menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII/ 2024 di Surabaya, Kamis bersyukur karena skor EPPD Jatim selalu meningkat setiap tahun.

"Skor EPPD Jatim 2023 tercatat 3,69 atau masuk dalam status kinerja tinggi," katanya.

Dikatakannya skor EPPD Jatim tahun 2023 tercatat mengalami peningkatan dibanding tahun 2022 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2021 yang berada di angka 3,61.

Atas capaian tersebut, Pj Gubernur Adhy menyampaikan terima kasih atas seluruh kerja keras dan sinergi jajaran Pemprov Jatim, serta pemangku kepentingan terkait dan masyarakat Jatim.

Menurutnya salah satu kunci keberhasilan Jatim dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dipicu gerakan transformasi digital di bidang reformasi birokrasi yang gencar dilakukan beberapa tahun terakhir.

"Dampaknya tidak hanya memudahkan masyarakat namun juga membuat kita bisa merumuskan kebijakan berbasis data. Sehingga kebijakan-kebijakan yang dibuat akan berdampak baik untuk masyarakat," ujarnya.

Pj Gubernur Adhy menandaskan transformasi digital di bidang reformasi birokrasi telah menghasilkan pelayanan publik yang mudah diakses, cepat dan tepat.

"Selain itu mengarahkan pembangunan yang berdampak langsung pada masyarakat," ucapnya.

Pj Gubernur Adhy mengungkapkan keberhasilan transformasi digital yang dilakukan Pemprov Jatim bisa dilihat dari Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2023 yang skornya mengalami kenaikan menjadi 3,62 dari tahun sebelumnya di angka 3,30.

"Kami mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemprov Jatim agar ke depan terus meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan publik bagi masyarakat, serta fokus terhadap pembangunan yang berdampak bagi masyarakat," tuturnya.

Piagam Penghargaan Prestasi Pemerintah Daerah, selain diserahkan kepada Pemprov Jatim yang meraih skor EPPD tertinggi nasional, juga diserahkan kepada Provinsi Jawa Tengah yang menduduki posisi kedua, diikuti oleh Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain kelima provinsi tersebut, terdapat 24 kabupaten/kota yang juga menerima penghargaan serupa. Seluruh penghargaan diberikan oleh Mendagri Tito Karnavian kepada masing-masing Kepala Daerah dalam puncak peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII/ 2024 yang dipusatkan di Kota Surabaya.
 

Pewarta: Willi Irawan/Hanif Nasrullah
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024