Jakarta (ANTARA) - Pemain timnas Uzbekistan U-23 Umarali Rakhmonaliev mewaspadai kekuatan Indonesia U-23 sebagai tim debutan ketika negaranya akan bertemu dengan Garuda Muda pada semifinal Piala Asia U-23 2024 Qatar di Stadion Abdullagh bin Khalifa, Doha, Senin pukul 21.00 WIB.

Pemain 20 tahun itu mewaspadai kekuatan Indonesia yang berhasil mencapai semifinal dengan menyingkirkan juara edisi 2020 Korea Selatan di perempat final dengan skor adu penalti 11-10 setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit, Jumat (26/4) lalu.

Dalam komposisi pemain, Indonesia diperkuat enam pemain yang merumput di luar negeri di antaranya, Pratama Arhan (Suwon FC), Justin Hubner (Cerezo Osaka), Ivar Jenner (Jong FC Utrecht), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Nathan Tjoe (SC Heerenveen),

“Indonesia punya tim yang kuat dan mereka mengalahkan Korea Selatan (di perempat final)," kata Rakhmonaliev, dilansir laman resmi AFC, Senin.

Ia menilai Indonesia "Adalah tim muda yang berkembang dan kami telah menganalisis tim mereka dan kami siap untuk pertandingan yang sulit".

Baca juga: Indonesia ke semifinal setelah tumbangkan Korsel lewat adu penalti

Baca juga: Uzbekistan tantang Indonesia, hajar Arab Saudi di perempat final


Meski demikian, Rakhmonaliev menatap laga melawan pasukan Shin Tae-yong dengan penuh percaya diri setelah mereka menumbangkan sang juara bertahan Arab Saudi di perempat final dengan skor 2-0.

Kemenangan melawan Arab Saudi membuat Uzbekistan menjadi satu-satunya tim dengan rekor sempurna dari empat pertandingan di Piala Asia U-23 2024 dan menjadi tim kedua yang lolos ke empat semifinal berturut-turut.

“Kami sangat senang berada di sini dan besok kami memiliki pertandingan penting, dan kami siap,” kata pemain yang mencetak gol kedua melawan Arab Saudi itu.

“Kemenangan terakhir kami sangat besar bagi kami dan kami sangat termotivasi. Namun penting untuk menyimpan emosi dan energi kami (untuk pertandingan mendatang) dan saya pikir kami memiliki motivasi yang cukup untuk pertandingan besok," tambahnya.

Rakhmonaliev yang memperkuat klub Rusia Rubin Kazan, menjadi segelintir pemain dalam skuad pelatih Timur Kapadze yang memperkuat klub luar negeri bersama dengan Abdukodir Khusanov (Lens), Ibrokhimkhalil Yuldoshev (Kairat), dan Abbosbek Fayzullaev (CSKA Moscow).

“Liga Rusia telah memberi saya pengalaman dan peningkatan sebagai pemain, dan saya berbagi pengalaman saya dengan rekan satu tim saya (saat saya bersama tim nasional),” kata pemain yang berposisi sebagai gelandang itu.

Baca juga: Uzbekistan, Shin Tae-yong dan kans Garuda Muda

Baca juga: Witan Sulaeman merasa percaya diri hadapi Uzbekistan

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024