Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat mengawasi  tempat penampungan hewan kurban (TPnHk) yang tersebar di delapan kecamatan agar selalu dalam kondisi bersih.
 
"Penempatan hewan kurban sudah kita sesuaikan dengan kondisi yang ada hingga Idul Adha selesai. Selain tempat tetap bersih dan sehat juga tidak mengganggu lalu lintas dan pejalan kaki," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Kantor Walikota Jakarta Pusat, Kamis.
 
Dhany mengatakan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP)  sudah menyusun standar kelayakan tempat penampungan termasuk rekomendasi teknis. Tentunya yang menyiapkan dari pedagang sesuai arahan dari Sudin KPKP termasuk kalau menemui kendala maka bisa segera dicarikan solusi.
 
Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting mengatakan kebersihan tempat penampungan hewan kurban menjadi prioritas  perhatian.
 
Hal ini dikatakan Bakwan usai melihat lokasi penampungan hewan kurban di Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat yang belum memiliki saluran air (drainase).
 
"Ini mungkin jadi perhatian dari kita. Tempat ini tidak permanen untuk jadi penampungan hewan, memang tidak difungsikan untuk tempat penampungan hewan. Cuma memang saya minta ini kebersihan dijaga, apalagi saat hujan," kata Bakwan.
 
Sebelumnya, salah satu pedagang hewan kurban di Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat bernama Faisal Efendi (43) meminta Pemerintah Kota Jakarta Pusat membantu mengatasi permasalahan pembuangan kotoran hewan.
 
"Paling tidak kita didukung dari pemerintah itu ada dari dinas itu membersihkan (kotoran dari hewan). Setiap sore ya diangkut," kata Faisal.
 
Beberapa upaya yang dilakukan seperti menerapkan prosedur lalu lintas hewan kurban sesuai Peraturan Menteri Pertanian RI Nomor 17 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pengawasan Lalu Lintas Hewan, Produk Hewan, Dan Media Pembawa Penyakit Hewan Lainnya Di Dalam Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Dinas KPKP DKI Jakarta memperkirakan sekitar 63 ribu hewan kurban dari berbagai daerah masuk ke Jakarta menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.
Baca juga: Seratus lebih tempat hewan kurban di Jakarta Pusat sudah diperiksa
Baca juga: Jakpus pastikan hewan kurban di 71 lokasi bebas penyakit
Baca juga: Jaktim imbau panitia tak sembarangan buang limbah hewan kurban

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024