Jakarta (ANTARA) -
Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) Jakarta Timur memastikan 14.653 ekor hewan kurban yang telah menjalani pemeriksaan dalam  kondisi sehat dan bebas dari penyakit.
 
"Sebanyak 14.653 hewan kurban yang kita periksa dari 212 penampungan yang tersebar di wilayah Jakarta Timur dalam kondisi sehat aman untuk dikonsumsi," kata Plt Kepala Sudin KPKP Jaktim Iwan Indriyanto ketika dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
 
Ke-14.653 hewan kurban yang telah diperiksa itu terdiri dari sapi 7.426 ekor, kerbau 3 ekor, kambing 5.600 ekor, dan domba 1.624 ekor.
 
Kendati demikian, pihaknya akan terus melakukan pengawasan tempat-tempat penampungan yang menjual hewan kurban untuk memastikan daging yang dikonsumsi masyarakat saat Hari Raya Idul Adha 1445 H dalam kondisi baik.
 
"Selama pemeriksaan, kondisi hewan kurban sehat dan memenuhi syarat dari sisi usia dan fisik," kata Iwan.
 
Menurut dia, hewan kurban yang dijual di wilayah Jakarta, khususnya Jakarta Timur harus menyertakan surat kesehatan hewan (SKH) dari Dinas Kesehatan dari daerah asal dan disertai kode batang.
 
Selain melakukan pemeriksaan hewan kurban di tempat penampungan, Pemkot Jaktim pun telah melepas 83 petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban yang bertugas memeriksa hewan kurban sebelum pemotongan dan sesudah pemotongan.
 
"Sebelum dipotong, akan dicek kondisi hewan kurbannya. Kalau tidak memenuhi syarat, kita pisahkan," kata Iwan.
Baca juga: Pemkot Jakpus awasi penampungan hewan kurban agar selalu bersih
Baca juga: Seratus lebih tempat hewan kurban di Jakarta Pusat sudah diperiksa
Baca juga: Jakpus pastikan hewan kurban di 71 lokasi bebas penyakit

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024