Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Khatib yang sekaligus imam Masjid Al Hikmah Kampus Universitas Jember (Unej) Ustadz Dr Masykur Abdillah mengajak masyarakat untuk meneladani empat sikap dan sifat Nabi Ibrahim AS dalam momentum Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah di lingkungan kampus setempat, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Saya mengajak semua hadirin untuk belajar meneladani kiprah Nabi Ibrahim AS yang menjadi tokoh sentral dalam peringatan Idul Adha," katanya saat kutbah Shalat Idul Adha di Masjid Al Hikmah Unej, Senin.

Ia mengatakan memperingati dan menjalankan berbagai ibadah di seputar Idul Adha tidak bisa lepas dari sosok Nabi Ibrahim AS, mulai rangkaian ibadah haji hingga kurban yang semuanya bersumber dari keteladanan Nabi Ibrahim.

"Paling tidak ada empat teladan Nabi Ibrahim AS yang bisa diamalkan oleh kaum Muslimin. Pertama, bagaimana Nabi Ibrahim AS begitu menjaga keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT," tuturnya.

Baca juga: Dubes Ridwan: Idul Adha momentum belajar mengendalikan diri

Baca juga: Warga Malaysia di Jakarta masak bersama hidangan Idul Adha usai kurban


Menurutnya, hal itu ditunjukkan dengan ketaatan Nabi Ibrahim AS dalam menjalankan semua perintah-Nya, mulai dari hijrah membawa keluarganya ke Makkah hingga ujian menyembelih putra kesayangannya Nabi Ismail AS. Semuanya dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim AS tanpa keraguan.

"Kedua, sikap lemah lembut yang diperlihatkan Nabi Ibrahim AS kepada mereka yang berseberangan dengannya. Bahkan saat ayahanda Nabi Ibrahim AS memusuhinya, sang nabi tetap menunjukkan rasa hormat," katanya.

Ketiga, sikap mau bermusyawarah seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim AS saat menerima perintah mengurbankan sang putra. Perintah itu kemudian disampaikan kepada keluarganya terlebih dahulu.

Keteladanan terakhir adalah Nabi Ibrahim AS sebagai sang pendidik yang mempersiapkan anak dan generasi penerusnya sebagai hamba Allah SWT yang taat.

"Maka sejarah mencatat Nabi Ibrahim AS dikenal menjadi Bapak para nabi yang kemudian menurunkan para nabi, hingga akhirnya bermuara pada nabi kita, Rasulullah Muhammad SAW," ujarnya.

Seusai pelaksanaan Shalat Idhul Adha dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis hewan kurban Unej yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Fendi Setyawan kepada pengurus takmir Masjid Al Hikmah berupa sapi simental dengan bobot 342,5 kilogram.

"Kami berharap amanah berupa hewan kurban Idul Adha bisa dikelola dengan baik dengan cara disalurkan kepada yang berhak dan semoga semangat berkurban sekaligus meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT akan menyertai seluruh keluarga besar Unej," kata Fendi Setyawan.

Total ada tiga sapi dan 10 kambing yang dipercayakan kepada pengurus Takmir Masjid Al Hikmah dari keluarga besar Universitas Jember.*

Baca juga: Momentum Idul Adha, Dubes Heri ajak WNI di Jepang doakan Palestina

Baca juga: KJRI Frankfurt: Idul Adha diteladani dalam semangat pengorbanan

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024