Medan (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa usaha mikro kecil menengah (UMKM) sektor ekonomi kreatif di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, sudah banyak berkembang.

"Kami melihat UMKM ekonomi kreatif sudah banyak berkembang di sini," ujar Sandiaga saat menghadiri Festival Bunga dan Buah 2024 di Taman Mejuah-Juah Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo, Jumat.

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan produk yang ditampilkan sangat unik dengan menunjukkan produk-produk yang terbaik di kawasan super prioritas Danau Toba.

"Saya sudah merasakan kopi Karo, rasanya tidak kalah dengan kopi internasional lainnya," tuturnya.

Baca juga: Menparekraf: PON di Karo bagian dari "sport tourism"

Baca juga: Menparekraf: Festival bunga dan buah di Karo terbaik tingkat nasional


Perkembangan UMKM dalam acara nasional ini, juga terlihat dari antusias setiap Desa di Karo. Sandiaga mengatakan sekitar 250 desa dan 17 kecamatan di Karo berlomba-lomba untuk memiliki produk-produk hasil wilayahnya yang ditampilkan dalam acara karnaval mobil hias tersebut.

Oleh karena itu, Menparekraf menyatakan kegiatan yang masuk agenda Karisma Event Nusantara (KEN) harus ditingkatkan salah satunya menghadirkan industri olahan.

Sandiaga juga mengingatkan agar lebih berkembang lagi, semua harus bersinergi, melakukan gerak cepat, gerak bersama dan menggarap potensi untuk menciptakan lapangan kerja untuk "Indonesia Emas".

Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang mengatakan kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno membawa kemajuan Tanah Karo baik dalam acara nasional maupun bidang pariwisata.

"Ada 160 UMKM yang berada di dalam area selain di luar, ini otomatis bisa meningkatkan pendapatan masyarakat," ucapnya.

Berbagai produk UMKM yang dipamerkan di acara festival bunga dan buah yakni olahan makanan ringan, lampu hias serta kerajinan tangan kayu, hasil pertanian Karo dan lainnya.

Pemkab Karo menargetkan sebanyak 80.000 sampai 90.000 wisatawan hadir di acara festival bunga dan buah, di Taman Mejuah-Juah Berastagi, Kabupaten Karo pada 4-6 Juli 2024.

Baca juga: Menparekraf: Gotong royong bangun wisata Pulo Sibandang jadi inspirasi

Baca juga: Menparekraf jajaki kerja sama pariwisata dengan korporasi di Shanghai

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024