Makassar (ANTARA) - Sebanyak 321 orang peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM4) berasal dari 129 Perguruan Tinggi tersebar dari seluruh Indonesia, telah menyelesaikan pendidikan di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar selama  satu semester.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof.drg Muhammad Ruslin, MKes.PhD SpBM (K) di Makassar, Rabu mengatakan ratusan mahasiswa inbound itu tersebar di 64 Program Studi dengan persebaran mata kuliah yang diikuti sebanyak 595.

“Unhas terus mendorong ekosistem prestasi dan talenta unggul mahasiswa," ujarnya pada Wisuda Program Sarjana, Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi untuk Periode Wisuda Juni Tahap 1 Tahun Akademik 2023/2024 di Baruga AP Pettarani Unhas, Makassar.

Sementara untuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, pada Semester akhir 2023/2024 ini, jumlah mahasiswa yang mengikuti Program MBKM Flagship sebanyak 849 orang.

Adapun rinciannya dimana terdapat 141 mahasiswa mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan IV sebanyak 141 orang, Program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB 6) sebanyak 609 orang dan Kampus Mengajar Angkatan VII sebanyak 99 orang.

"Prestasi ini diharapkan menjadi model dan inspirasi bagi semua mahasiswa. Untuk menumbuhkan ekosistem tersebut, berbagai kegiatan telah dilaksanakan, termasuk pendampingan kegiatan, menjadi tuan rumah kompetisi, dan mengembangkan sistem reward dan bantuan yang lebih baik,” jelas Prof Ruslin.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc., dalam sambutannya memberikan gambaran tentang berbagai capaian yang diperoleh Unhas.

Dirinya menuturkan Unhas terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu tujuan besar adalah membawa Unhas menuju World Class University.
Baca juga: Unhas-Griffith University perpanjang kerja sama akademik dan riset
Baca juga: Rektor Unhas menerima mahasiswa inbound dari NUS
Baca juga: Satgas PPKS Unhas copot sementara terduga pelaku kekerasan seksual

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2024