Surabaya (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengapresiasi suksesnya penyelenggaraan Piala Dunia U-17, yang salah satunya berlangsung di Kota Surabaya dan sekaligus menjadi tempat pembukaan serta kandang bagi Timnas Indonesia.

LaNyalla dalam keterangannya di Surabaya, Senin, mengatakan, bahwa kesuksesan turnamen yang saat ini memasuki babak 16 besar tentunya juga tidak lepas dari peran dari pihak kepolisian, salah satunya Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya.

"Polrestabes Surabaya yang sejak jauh-jauh hari membuat skema dan mengawal proses mulai dari persiapan hingga pelaksanaan," kata LaNyall.

Menurut dia, Polrestabes Surabaya telah melakukan langkah-langkah yang dapat mengawal berlangsungnya Piala Dunia U-17 di Kota Surabaya.

Baca juga: Polda Jatim lakukan pemeriksaan berlapis saat Piala Dunia U-17 di GBT

"Saya apresiasi langkah-langkah yang dilakukan Polrestabes Surabaya dalam mengawal berlangsungnya even internasional ini. Tentu saja hal ini juga harus terus dijaga seiring keamanan jelang Pemilu nanti," tuturnya.

Senator asal Jawa Timur itu menjelaskan, kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 diyakini memberi dampak terhadap pergerakan ekonomi daerah karena adanya pergerakan dan aktivitas masyarakat.

Selain penyerapan tenaga kerja temporer, lanjutnya, sukses penyelenggaraan Piala Dunia U-17 juga membuat nama Indonesia harum di mata peserta maupun masyarakat dunia.

Baca juga: Pemkot Surabaya lengkapi Stadion GBT dengan tujuh kamera 360 derajat

"Sehingga diharapkan nantinya akan semakin banyak event-event skala internasional di berbagai daerah tanah air, khususnya Surabaya, sebagai kota penyelenggara yang dipercaya mampu dan aman," ujar pria asli Bugis, yang lahir di Jakarta dan besar di Surabaya itu.

Pria yang juga menjabat sebagai Dewan Penasehat Kadin Jatim tersebut, juga menambahkan bahwa ekonomi Kota Surabaya juga terpicu bergerak, sebagai percepatan recovery pascapandemi COVID-19.

"Namun masih minim antusiasme masyarakat yang hadir langsung ke stadion. Hal ini tentunya harus menjadi evaluasi para pihak. Mulai dari PSSI hingga kementerian atau lembaga terkait," ucapnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Pasma Royce mengaku senang dan bangga kantornya dikunjungi oleh Ketua DPD RI.

"Terima kasih sebuah kehormatan kami disambangi Bapak RI 7. Kehadiran beliau ke tempat kami menjadi bagian semangat kami untuk terus menjalankan keamanan dan ketertiban dengan baik di Kota Surabaya," katanya.

Baca juga: Menjadikan Stadion GBT ramah dan nyaman
Baca juga: Ketua PSSI: Stadion GBT layak 100 persen untuk Piala Dunia U-17



 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023