Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebutkan, pembangunan Jakarta berkonsep Transit Oriented Development (TOD) melalui kerja sama Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Jepang dapat diandalkan untuk memicu pertumbuhan investasi.
 
"Kerja sama pembangunan dengan konsep TOD di Kota Jakarta bersama Pemerintah Jepang ini sangat dapat diandalkan dalam pertumbuhan investasi pembangunan di Jakarta," kata Heru di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jepang, Kamis.
 
Selain itu, Heru menyebutkan kerja sama ini menandakan komitmen Pemerintah Republik Indonesia bersama Pemerintah Jepang untuk membangun Kota Jakarta yang berkelanjutan dan berkesinambungan. Kerja sama tersebut diawali dengan pembangunan MRT yang didukung oleh Pemerintah Jepang.
 
Dia ucapkan terima kasih kepada Duta Besar Jepang dan Menteri Perhubungan yang telah terus-menerus membangun Jakarta dengan konsep TOD dan untuk ke depannya. "Sekali lagi terima kasih. Saya dari Tokyo menyampaikan sukses Jakarta untuk Indonesia," ujar Heru.
 
Heru turut mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang, untuk membahas kerja sama di bidang transportasi, termasuk proyek investasi Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.
 
"Selama 24-25 April 2024, saya mendampingi Menteri Perhubungan RI Budi Karya, terkait dengan konsep pembangunan Jakarta ke depan," katanya.

Baca juga: Menhub sebut pembangunan MRT Fase 2A berkat keuletan Pemprov DKI
Baca juga: MRT Jakarta dan Sojitz Jepang resmi kerja sama bangun MRT Fase 2A


Antara lain adalah pembangunan TOD bersama para investor dari Jepang. "Dan juga tentunya dari dalam negeri yang saat ini sedang berlangsung," kata Heru.
 
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan siap memfasilitasi investor dari Jepang untuk pengembangan proyek TOD yang ada di stasiun MRT Jakarta.
 
"Pemerintah Indonesia mendukung dan siap memfasilitasi investasi pembangunan TOD di sepanjang jalur MRT sebagai salah satu solusi kemacetan, polusi serta kebutuhan akan transportasi keberlanjutan di Jakarta," kata Budi di sela menghadiri kegiatan TOD Investment Forum 2024 di KBRI Tokyo, Jepang, Kamis.
 
Pada forum yang dihadiri Parliamentary Vice Minister for MLIT Ishibashi tersebut, Menhub membahas potensi investasi pada pengembangan proyek-proyek TOD di sekitar stasiun MRT Jakarta.
 
Budi menuturkan sejak beroperasi pada 2019, MRT Jakarta telah meletakkan fondasi kuat untuk proyek-proyek TOD, dengan menyediakan jaringan transportasi yang efisien dan andal sehingga menciptakan banyak peluang kolaborasi sektor swasta termasuk real estat, ritel, perhotelan dan lainnya.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024